Forum Konsultasi Publik tentang Inovasi Pelayanan Publik: Komitmen Jawa Timur untuk Terus Berinovasi

Forum Konsultasi Publik tentang Inovasi Pelayanan Publik: Komitmen Jawa Timur untuk Terus Berinovasi

Ilustrasi Jatim bekerja sama dengan USAID untuk mewujudkan inovasi pelayanan publik.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

JAWA TIMUR (Jatim) tak kenal lelah melayani masyarakat secara inovatif. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di Jatim, kini terus dilakukan berbagai upaya. Salah satu upayanya adalah mendorong partisipasi publik melalui pengembangan ide baru atau inovasi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah USAID. Melalui Program USAID ERAT berfokus pada peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat, diharapkan dicapai inovasi layanan publik secara berkelanjutan.

Tujuan program USAID ERAT adalah memperbaiki implementasi kebijakan dan pelayanan publik untuk meningkatkan taraf hidup warga. Sejalan dengan Rencana Kegiatan Annual Program USAID ERAT khususnya terkait inovasi pelayanan publik, dijalin kolaborasi Pemprov Jatim dengan USAID ERAT. 

BACA JUGA:Khofifah Lantik Lima Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemprov Jatim

BACA JUGA:Pemprov Jatim Gelar Fesyar 2023 dan Tabligh Akbar Bersama Habib Syech

Salah satu kegiatannya adalah kolaborasi Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jatim dengan USAID-ERAT menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) pada 30 Oktober 2023. Tujuan FKP ialah mendapatkan berbagai saran, masukan, atau kritik konstruktif dari para peserta.

Hadir dalam FKP Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jatim Kurniawan Hary Putranto serta Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Ajib Rakhmawanto.

FKP juga bertujuan mengomunikasikan kepada multi-stakeholder terhadap rencana penerbitan peraturan gubernur tentang pembinaan inovasi pelayanan publik. Dengan FKP, rancangan dapat difinalisasi, ditetapkan secara tepat, serta diimplementasikan lebih efektif.

BACA JUGA:Kolaborasi TNI AL, BKKBN dan Pemprov Jatim untuk Tekan Stunting

BACA JUGA:Pemprov Jatim Garap Limbah Berbahaya

Dengan disahkannya peraturan gubernur, ada penguatan legal memperkokoh posisi Jatim di tingkat nasional. Jatim berprestasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan Kemen PAN-RB.

 

Prestasi Inovasi Jatim

Pada 2022, Provinsi Jatim memperoleh penghargaan nasional, yakni dari Kemen PAN-RB. Penghargaan diberikan kepada UPT PPD Surabaya Timur Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jatim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: