8 Tantangan Strategis yang Dihadapi Indonesia 5 Tahun ke Depan versi Prabowo-Gibran

8 Tantangan Strategis yang Dihadapi Indonesia 5 Tahun ke Depan versi Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran saat deklarasi sebagai pasangan Capres-Cawapres.-tangkapan layar-

HARIAN DISWAY - Pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi mengikuti kontestasi Pilpres 2024 dengan nomor urut 2.

Pasangan tersebut menghadapi setidaknya delapan tantangan strategis yang menjadi pertimbangan dalam menyusun visi, misi, dan program untuk lima tahun ke depan.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani hari ini, Rabu, 15 November 2023.

BACA JUGA: Prabowo Ajak Menteri Pertahanan Seluruh Negara ASEAN Dukung Palestina di Pertemuan Antar-Menhan

Delapan hal yang menjadi tantangan itu, di antaranya, adalah perubahan iklim, konflik bersenjata di negara lain seperti Ukraina dan Palestina, dan potensi meletusnya konflik di laut Natuna Utara.


8 tantangan strategis yang dihadapi Indonesia 5 tahun ke depan versi Prabowo-Gibran. -Instagram Rosan Roeslani-

Juga pelemahan ekonomi global dan adanya potensi resesi di negara maju, disrupsi kecerdasan buatan, potensi munculnya pandemi baru, terbatasnya waktu bonus demografi, serta meningkatnya populasi.

Tantangan pertama yang disebutkan adalah perubahan iklim yang bisa dibilang ekstrem di waktu yang akan datang.

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Teratas di Tiga Lembaga Survei

BACA JUGA: Lembur Sambil Dengarkan Lagu Dewa19, Ahmad Dhani: Prabowo Satu-satunya!

"Hal itu bisa mempengaruhi bidang industri agraria Indonesia, dan berpotensi besar menyebabkan gagal panen," jelas Rosan Roeslani.

"Jika itu terjadi, maka produksi pangan pun akan menurun dan dapat menyebabkan kerawanan terhadap harga bahan pangan," lanjut pengusaha yang juga merupakan mantan wakil Menteri BUMN tersebut

Tantangan kedua menyebutkan tentang konflik bersenjata di negara lain. Seperti yang sedang terjadi saat ini, perang Ukraina versus Rusia. Serta Israel yang diduga melakukan tindakan genosida terhadap Palestina.


Salah satu anak Palestina menjadi korban agresi Israel di Gaza-Screenshoot/YouTube-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: