Fikom UKWMS Gelar Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 3.0, Pastikan Mahasiswa Melek Politik Jelang Pemilu

Fikom UKWMS Gelar Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 3.0, Pastikan Mahasiswa Melek Politik Jelang Pemilu

Filkom Universitas Widya Mandala bersama Mafindo gelar Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 3.0 di Auditorium UKWM dengan tema #GenZBisaMilih untuk pastikan mahasiswa melek politik hadapi Pemilu 2024 dengan literasi digital pada hari Kamis,16 November 2023 -Komisariat Mafindo UKWM untuk Harian Disway -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Katolik Widya Mandala SURABAYA (UKWMS) bersama Mafindo kembali menghelat Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 3.0.

Acara dengan tema #GenZBisaMilih untuk seluruh mahasiswa fakultas Ilmu komunikasi Widya Mandala itu digelar pada Kamis, 16 September 2023 di Auditorium Benediktus UKWMS Dinoyo. 

Sekolah Kebangsaan itu dihadiri oleh 128 mahasiswa first voter atau mahasiswa semester satu yang berusia mulai dari 18-19 tahun yang baru akan mengikuti pemilu tahun depan.

Dengan tujuan agar mahasiswa-mahasiswa tersebut mampu menghadapi segala bentuk tantangan isu literasi digital politik menyambut Pilpres 2024.

BACA JUGA: Facebook Jadi Ladang Hoaks Terbanyak di Pemilu 2024

Panitia Tunar Nalar 3.0 Mathilda Gracia mengatakan bahwa dalam acara ini para peserta akan belajar melalui metode real-case study. Lalu, para pesertanya akan dibagi menjadi beberapa kelompok.

“Dalam acara ini akan ada 10 fasilitator yang menjadi pemateri. Nantinya, Para fasilitator akan disebar ke dalam kelompok, untuk pelatihan literasi digital politik bagi mahasiswa first voter,” ujar Mathilda.


Koordinator Wilayah Mafindo Surabaya Yohanes Adven Sarbani memberikan sambutannya dalam acara Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 3.0 di Universitas Katolik Widya Mandala dengan tema #GenZBisaMilih pada hari Kamis, 16 November 2023 -Istimewa-

Proses pembelajaran dilakukan melalui focus group discussion (diskusi kelompok) yang akan membuat para peserta berani berpikir kritis selama proses pembelajaran. 

"Untuk proses belajarnya akan terbagi menjadi 3 segmen. Untuk segmen pertama tentang materi pemilihan umum (pemilu) dan website pemilu. Lalu yang kedua, tentang penginderaan hoax, agar mereka bisa lebih peka dalam menyaring berita. Untuk yang ketiga, adalah sanksi pemilu dan juga undang-undang pemilu," terangnya. 

Fasilitator yang akan menjadi pemateri dalam Sekolah kebangsaan Tular Nalar 3.0 merupakan mahasiswa ilmu Komunikasi Widya Mandala sendiri mulai dari semester lima hingga tujuh.

"Fasilitator tersebut merupakan mahasiswa yang sudah lebih dulu terjun ke pemilu sebelumnya. Mereka juga adalah mahasiswa yang melek politik setelah mendapatkan pelatihan dari Tular Nalar di tahun sebelumnya," terang Mathilda.


Filkom Universitas Widya Mandala bersama Mafindo gelar Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 3.0 di Auditorium UKWM dengan tema #GenZBisaMilih untuk pastikan mahasiswa melek politik hadapi Pemilu 2024 dengan literasi digital pada hari Kamis,16 November 2023 -Komisariat Mafindo UKWM untuk Harian Disway-

Sepuluh dari mereka adalah Grishella Patricia Liwang, Mega Permata, Finsensius Yuli Purnama, Vanessa Jones, Laurentius Bintang, Brigitta Lidwina Rustan, Natalia Gama, Yosep Jehata, Marcelinus PR, dan Hindarko Gondo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: