Klaim Terbaru! Israel Yakini Temukan Terowongan Bawah Tanah Milik Hamas di Dekat RS Al Shifa

Klaim Terbaru! Israel Yakini Temukan Terowongan Bawah Tanah Milik Hamas di Dekat RS Al Shifa

Penemuan lubang menuju terowongan bawah tanah oleh Israel yang diklaim sebagai pintu menuju markas tersembunyi Hamas pada Senin 20 November 2023. -X (Twitter) @IDF-

HARIAN DISWAY - Militer Israel (IDF) mengklaim telah menemukan terowongan di bawah Rumah Sakit Al Shifa di Gaza pada Senin 20 November 2023.

 

Dalam sebuah pernyataan resminya, mereka mengungkap bahwa terdapat terowongan sepanjang 55 meter dan sedalam 10 meter tepat di bawah rumah sakit terbesar di Gaza tersebut.

 


Lokasi temuan lubang menuju terowongan bawah tanah oleh Israel yang terletak di dekat pagar pembatas RS Al-Shifa. -X (Twitter) @IDF-

 

Melalui akun X (Twitter) resminya @IDF, mereka memosting sebuah video yang menunjukkan rute menuju terowongan yang diklaim sebagai markas Hamas tersebut. 

 

BACA JUGA: Tega! Israel Biarkan Ratusan Pasien RS Al Shifa di Gaza Mati Kelaparan

 

Dalam video itu nampak sebuah tangga berbentuk spiral yang terhubung ke terowongan beton di bawah tanah dan berakhir di sebuah pintu masuk. Menurut Militer Israel (IDF) pintu tersebut dilengkapi dengan keamanan mutakhir yang mampu menahan ledakan hingga tembakan sekaligus.

 

Terowongan tersembunyi itu ditemukan di kawasan gudang bawah tanah Rumah Sakit Al-Shifa tepat di samping mobil bersenjata lengkap termasuk bahan peledak dan senapan AK-47.

 


Denah buatan Israel terkait lokasi penemuan lubang bawah tanah yang terletak di samping mobil yang lengkap dengan segala jenis persenjataan. -Telegram IDF-

 

Pintu masuk tersebut ditemukan ketika buldoser militer Israel merobohkan dinding pembatas kompleks rumah sakit dan menemukan sebuah lubang  dengan tangga spiral menurun ke bawah sepanjang 10 meter.

 


Buldoser militer Israel menghancurkan kawasan RS Al-Shifa, 20 November 2023. -Telegram IDF-

 


Tangga berbentuk spiral yang terdapat di dalam terowongan bawah tanah di dekat RS Al-Shifa. -X (Twitter) @IDF-

 

Pasukan Militer Israel (IDF) hingga saat ini diketahui belum mencoba membuka pintu tersebut. Mereka khawatir jika pintu tersebut merupakan jebakan yang telah disiapkan oleh Hamas.


Pintu masuk yang terdapat di dalam terowongan yang diklaim Israel sebagai milik Hamas yang tahan terhadap ledakan dan tembakan. -X (Twitter) @IDF-

 

Militer Israel (IDF) dan Badan Keamanan Israel (ISA) memperkirakan terdapat dua kemungkinan mengenai isi di dalam terowongan tersebut.

 

Yaitu terowongan tersebut terdiri dari dua bagian yang terpisah atau terowongan tersebut berisikan satu ruangan besar yang dikhususkan untuk markas komando dan kendali Hamas. 

 

BACA JUGA: Kegagalan Misi Propaganda IDF di RS Al Shifa Gaza: Postingan Dihapus setelah Dikuliti Netizen

 

Sejak Rabu 15 November 2023, Israel telah menjadikan Rumah Sakit Al Shifa sebagai sasaran utama operasi militernya.

Sebelumnya mereka ngotot mengklaim bahwa rumah sakit tersebut merupakan markas pusat Hamas meski klaim tersebut telah berkali-kali dibantah dan dibuktikan, baik oleh staf RS Al Shifa maupun oleh Hamas sendiri. 

 

Hingga Senin 20 November 2023, terdapat 13 ribu warga Palestina menjadi korban jiwa yang diantaranya merupakan anak-anak di Gaza sejak Israel melancarkan serangan udara dan darat nya. (Salsa Amalia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: