Tank Israel Kepung RS Al Shifa, Biden Perintahkan Rumah Sakit Harus Dilindungi

Tank Israel Kepung RS Al Shifa, Biden Perintahkan Rumah Sakit Harus Dilindungi

Joe Biden usai menandatangani Undang-Undang Memorandum Kepresidenan terkait Penelitian Kesehatan Perempuan di Ruang Oval Gedung Putih Washington DC, Selasa 14 November 2023. -X (Twitter) @POTUS-

HARIAN DISWAY - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengeluarkan pernyataan bahwa Rumah Sakit Al Shifa harus dilindungi.

 

Hal ini menyusul tank-tank israel yang dilaporkan mulai merapat dan mengepung Rumah Sakit yang terletak di utara Jalur Gaza tersebut

 

Pernyataan Biden pada Senin, 13 November 2023 (Selasa waktu Indonesia) ini didasarkan karena masih banyaknya pasien dan juga staf yang terjebak di sana.

 

Usai menandatangani Undang-Undang memorandum kepresidenan terkait penelitian kesehatan perempuan di Gedung Putih, Biden mengatakan bahwa dia berharap agar Israel tidak mengganggu operasional di Rumah Sakit Al-Shifa selagi bersiaga di dekat kawasan tersebut.

 

“Harapan dan ekspektasi saya adalah tindakan yang tidak terlalu mengganggu akan berkurang terhadap rumah sakit dan kami tetap berhubungan dengan Israel,” kata Biden ketika ditanyai wartawan di Ruang Oval Gedung Putih, Selasa 14 November 2023.

 

BACA JUGA:Dua dari 39 Bayi di RS Al Shifa Gaza Meninggal, Bayi Prematur Bertahan Tanpa Inkubator dan Oksigen

BACA JUGA:Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom: Krisis Bahan Bakar Makin Parah, Rumah Sakit Al Shifa Terpaksa Berhenti Beroperasi

 

Ia menambahkan bahwa saat ini ia juga tengah membahas lebih lanjut terkait pembebasan tawanan Hamas.

 

“Juga, ada upaya untuk membuat jeda dalam menangani pembebasan tahanan dan hal itu juga sedang dinegosiasikan, dengan pihak Qatar,” tambah Presiden AS. 

 

“Jadi saya tetap berharap tetapi rumah sakit harus dilindungi," jelasnya.

 

BACA JUGA:Mengenal Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina: Sejarah, Tahapan Pembangunan, dan Fasilitasnya

BACA JUGA:Datangi Biden, Presiden Jokowi Desak AS Hentikan Peperangan di Gaza

 

Respon Biden tersebut muncul ketika petugas medis mengungkap peningkatan jumlah korban tewas yang di antaranya adalah pasien dan juga bayi yang baru lahir.

 

Ancaman tersebut meningkat sejak RS Al Shifa dikepung oleh pasukan Israel sejak Sabtu 11 November 2023. 

 

Sebelumnya Israel menjamin akan membebaskan siapapun yang keluar dari RS Al Shifa tanpa adanya baku tembak.

 

Namun, hal tersebut dibantah oleh para staf di rumah sakit tersebut yang menyatakan bahwa saat ini RS Al Shifa tengah menjadi sasaran utama Israel dan juga menjadi sasaran penembak jitu dari berbagai arah.


Kiriman bantuan 300 liter bahan bakar oleh militer Israel yang langsung diangkut sendiri oleh pasukan mereka pada Senin, 13 November 2023 pagi. -Instagram @idf-


Militer Israel (IDF) tengah mengirimkan bantuan berupa inkubator bayi dari rumah sakit di Israel menuju RS Al Shifa, Selasa 14 November 2023. -Instagram @stateofisrael-

Baru-baru ini Israel juga mengklaim bahwa tentara militernya tengah mengirimkan bantuan berupa 300 liter bahan bakar dan inkubator bayi untuk RS Al Shifa yang tengah dilanda krisis bahan bakar akibat tak dapat mengoperasikan inkubator di rumah sakit tersebut. 

BACA JUGA:Pidato Lengkap Presiden Joko Widodo Tentang Hasil KTT OKI di Riyadh, Bawa Pesan Pada Presiden AS Joe Biden

BACA JUGA:Jokowi Bertemu Biden di AS, Bahas Konflik Palestina dan Pasokan Nikel

 

Sebelumnya, Israel menyatakan bahwa Hamas memiliki pusat komando di bawah rumah sakit tersebut, namun klaim tersebut dibantah oleh Hamas.


Juru Bicara Militer Internasional Israel (IDF) Daniel Hagari ketika di depan kawasan terowongan yang diklaim milik Hamas yang terhubung dengan RS Rantissi, Selasa 14 November 2023. -X (Twitter) @IDF-

Pada Selasa, 14 November 2023 pagi, Juru Bicara Militer Israel Daniel Hagari mengatakan bahwa ia dan militer Israel (IDF) telah menemukan gudang senjata dan tempat persembunyian Hamas di sebuah terowongan yang terhubung ke Rumah Sakit Rantissi. 


Juru Bicara Militer Internasional Israel (IDF) Daniel Hagari ketika mengungkap berbagai macam persenjataan dan bahan peledak yang diklaim sebagai milik hamas yang berada di lokasi terowongan tersembunyi tersebut, Selasa 14 November 2023. -Instagram @doveridf-

Dalam video tersebut ia mengatakan terdapat granat, rompi bunuh diri, dan berbagai macam bahan peledak lainnya yang ditemukan di dalam terowongan tersebut.

 

BACA JUGA:Menlu RI Retno Marsudi Dipercaya OKI untuk Perjuangkan Perdamaian Palestina

 

Sejak Minggu 12 November 2023, Rumah Sakit Al-Shifa, Al-Quds dan Kamal Adwan telah menghentikan operasinya akibat pengeboman Israel dan menipisnya pasokan bahan bakar dan obat-obatan.

 

Menurut kementerian kesehatan Gaza, pengeboman dan operasi darat Israel di Gaza sejak 7 Oktober 2023 lalu telah menewaskan 11.240 warga Palestina, termasuk lebih dari 4.600 korban jiwa tersebut diantaranya anak-anak. (Salsa Amalia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: