Datangi Biden, Presiden Jokowi Desak AS Hentikan Peperangan di Gaza

Datangi Biden, Presiden Jokowi Desak AS Hentikan Peperangan di Gaza

Presiden Jokowi dan Joe Biden di ruang Oval AS dalam jumpa pers pra pertemuan bilateral antar kedua negara. Krisis Gaza adalah salah satu angenda utama Jokowi-Setpres-

HARIAN DISWAY - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, pada Selasa, 14 November 2023. 

Dalam pertemuan tatap muka antara kedua pemimpin negara tersebut, Presiden Jokowi mendesak Presiden Biden untuk segera menghentikan peperangan di Gaza.

"Indonesia meminta AS berbuat lebih banyak untuk menghentikan kekejaman di Gaza. Gencatan senjata demi kemanusiaan harus segera dilakukan," tegasnya. 

BACA JUGA:Biden Tak Tanggapi Omongan Jokowi Soal Gaza, Malah Bicara Perubahan Iklim

Sebagai utusan perdamaian OKI untuk Palestina, Presiden Jokowi menyorot tindakan blokade dan agresi brutal Israel terhadap rumah sakit, kamp pengungsi, dan warga Sipil di Gaza yang melanggar hukum humaniter internasional, hingga menewaskan 11.180 orang. 

Indonesia berharap agar kemitraan antara Indonesia dan AS mampu berkontribusi terhadap perdamaian dan kemakmuran regional dan juga global.

“Kekerasan yang dilakukan oleh Israel di Gaza, merupakan sebuah hal yang sangat menyakitkan bagi umat manusia,” sambungnya.

BACA JUGA:Pidato Lengkap Presiden Joko Widodo Tentang Hasil KTT OKI di Riyadh, Bawa Pesan Pada Presiden AS Joe Biden


Presiden Jokowi disambut hangat oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Oval Office, Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, pada hari Selasa, 14 November 2023-Sekretariat Presiden-

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa Amerika Serikat merupakan salah satu mitra terpenting bagi Indonesia. Oleh sebab itu, kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan kemitraan antar kedua negara menjadi Comprehensive Strategic Partnership (CSP).

“Namun yang paling penting adalah kita harus benar-benar memberikan arti pada kemitraa ini karena bagi Indonesia kerja sama ekonomi adalah prioritas, termasuk dalam masalah rantai pasok,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Biden menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat yang meningkat menjadi kemitraan strategis yang komprehensif, menandakan era baru kerjasama antar kedua negara dalam berbagai bidang.

BACA JUGA:Jokowi Terbang ke AS, Sampaikan Pesan OKI soal Palestina ke Biden


Presiden Jokowi menyatakan bahwa Amerika Serikat merupakan mitra penting Indonesia dalam perihal rantai pasokan pada hari Selasa, 14 November 2023-Sekretariat Presiden-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: