Jokowi Terbang ke AS, Sampaikan Pesan OKI soal Palestina ke Biden

Jokowi Terbang ke AS, Sampaikan Pesan OKI soal Palestina ke Biden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan sikap Indonesia mendukung perjuangan Palestina-YouTube Sekretariat Presiden-

HARIAN DISWAY– Presiden Joko Widodo sudah tiba di Washington DC, Amerika Serikat (AS) hari ini, Senin, 13 November 2023. Akan melakukan pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden besok.

Agendanya cuma satu. Jokowi ingin menyampaikan pesan dari hasil resolusi KTT Luar Biasa OKI (Organisasi Kerjasama Islam) di Riyadh, Saudi Arabia, beberapa hari lalu. Yakni membahas khusus kondisi di Palestina.

BACA JUGA:Menlu Retno Marsudi Nyatakan 3 WNI Relawan RS Indonesia Masih Kukuh Tinggal di Gaza Bantu Warga Palestina

BACA JUGA:Rajin Galang Bantuan ke Palestina, Indonesia Dinilai Jadi Salah Satu Negara Paling Dermawan di Dunia

“Saat KTT saya menyampaikan secara jujur bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina. Sehingga, saya mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina,” tandas Jokowi.

Negara anggota OKI pun menuntut segera genjatan senjata. Bantuan kemanusiaan juga harus dipercepat dan diperbanyak dan perundingan damai harus segera di mulai. Serta fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan. 

“Dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” tegas Jokowi. KTT OKI ini menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia. Dan pesan inilah yang akan saya sampaikan kepada Biden esok hari. Dimana ini adalah suara dari 57 negara atau sekitar sepertiga suara negara di dunia.

“Selain itu, saya juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden,” ugnkapnya.

BACA JUGA:Palestina, Satu-satunya Negara yang Masih Terjajah

BACA JUGA:Simpati Dunia Terhadap Palestina Terus Bergelora, Pakar Siber Sebut TikTok Penyebabnya

Jokowi juga ingin memberikan dukungan penuh untuk Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi yang terpilih sebagai salah satu Menlu yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina.

“Dan, terkait kondisi Rumah Sakit Indonesia di Palestina saat ini telah juga saya sampaikan baik saat di KTT dan saat pertemuan bilateral di sela-sela KTT, tentang pentingnya menghormati Hukum Humaniter Internasional,” tambah Jokowi.

Jokowi pun menegaskan kembali bahwa dari sejak awal terjadinya serangan, pemerintah telah dan akan terus berupaya untuk melindungi WNI di Palestina. Serta fasilitas-fasilitas publik termasuk Rumah Sakit Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: