Rajin Galang Bantuan ke Palestina, Indonesia Dinilai Jadi Salah Satu Negara Paling Dermawan di Dunia

Rajin Galang Bantuan ke Palestina, Indonesia Dinilai Jadi Salah Satu Negara Paling Dermawan di Dunia

Potret kegiatan Malam Solidaritas Palestina, Penggalangan Dana untuk Gaza dan & Al-Aqsha, di kawasan Jakarta Timur pada Senin, 6 November 2023. Melalui kegiatan ini, MUI berhasil mengumpulkan donasi sekitar 27 miliar rupiah. -Intipseleb-

HARIAN DISWAY - Sejak konflik Hamas-Israel terjadi, masyarakat Indonesia berbondong-bondong melakukan donasi untuk para korban Palestina di Gaza.

Misalnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyalurkan dana bantuan masyarakat Palestina sekitar 27 miliar rupiah. Hal itu disampaikan langsung oleh Bendahara Umum MUI KH Misbahul Ulum pada Selasa, 7 November 2023, dilansir dari situs web mui.or.id.

BACA JUGA:Bonek untuk Palestina, Donasi Terkumpul Rp 3.796.839

Tidak hanya itu saja, BTS Army Indonesia—kelompok penggemar K-Pop asal Indonesia—juga melancarkan aksi donasi untuk para korban Palestina di Gaza. Dilansir dari Voa Indonesia, mereka berhasil mengumpulkan dana lebih dari 1 miliar rupiah yang hanya berlangsung dari 18-21 Oktober 2023.

Fenomena donasi massal masyarakat Indonesia merupakan fenomena umum yang terjadi di Indonesia. Tidak hanya donasi untuk korban konflik di Palestina, tetapi masyarakat Indonesia juga turut senang berdonasi di beberapa wilayah. Meskipun fenomena umum, kegiatan sosial ini mendapatkan pengakuan dunia.

Indonesia sebagai Negara Paling Dermawan di Dunia

Sejak 2018, Indonesia menjadi negara dengan tingkat kedermawanan tertinggi di dunia selama enam tahun berturut-turut. Hal tersebut berdasarkan laporan World Giving Index 2023 yang diadakan oleh Charities Aid Foundation (CAF).

Laporan World Giving Index 2023 telah mencakup 142 negara dengan melibatkan survei sebanyak 147.186 responden yang dipakai sejak 2022.

Terdapat tiga aspek penilaian untuk mengukur tingkat kedermawanan suatu negara, yaitu menolong orang asing, donasi uang, dan sukarelawan.

BACA JUGA:Aksi Solidaritas Palestina, Baznas Jombang Kumpulkan Donasi Ratusan Juta

Sayangnya, Indonesia tidak kembali memperoleh peringkat pertama dalam ketiga aspek tersebut pada 2023. Saat ini, Indonesia berada di peringkat kedua dalam donasi uang (82%) dan sukarelawan (61%).

Terkait aspek menolong orang asing, tidak dicantumkan secara jelas peringkat Indonesia dalam aspek tersebut. Namun, Indonesia memperoleh persentase sebesar 62% dalam aspek menolong orang asing.

Meskipun demikian, Indonesia tetap berada di peringkat pertama secara global dengan skor 68 persen. Angka itu sama dengan skor yang diraih pada 2022.


Daftar 10 negara dengan tingkat kedermawanan tertinggi di dunia pada tahun 2023 berdasarkan tiga aspek penilaian. Meskipun Indonesia tidak berada di peringkat pertama dalam ketiga aspek tersebut, Indonesia masih tetap berada di peringkat pertama secara gl-World Giving Index 2023-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber