Menlu Retno Marsudi Nyatakan 3 WNI Relawan RS Indonesia Masih Kukuh Tinggal di Gaza Bantu Warga Palestina

Menlu Retno Marsudi Nyatakan 3 WNI Relawan RS Indonesia Masih Kukuh Tinggal di Gaza Bantu Warga Palestina

Menlu Retno Marsudi nyatakan 3 WNI relawan RS Indonesia Mer-C, kukuh tinggal di Gaza untuk bantu warga Palestina pada 12 Oktober 2023 -Sekretriat Presiden-

HARIAN DISWAY - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan hingga saat ini sebanyak tiga warga negara Indonesia (WNI) masih kukuh untuk tinggal di Gaza.

Mereka menolak dievakuasi di tengah memburuknya situasi konflik antara Israel dan kelompok Hamas Palestina pada hari Minggu, 12 November 2023.

Ketiga WNI yang memutuskan tinggal di Gaza tersebut merupakan relawan di Rumah Sakit Indonesia Mer-C, yakni Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi.

Mereka rela tidak melakukan evakuasi, agar bisa tetap melanjutkan kerja kemanusiaan mereka membantu para warga. Selain ketiganya, Kemenlu RI telah berhasil mengevakuasi tujuh WNI lainnya dari Gaza.

“Sampai saat ini, beliau bertiga memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza,” ujar Menlu Retno melalui video pernyataan yang ia kirimkan dari dalam pesawat kepresidenan, ketika mendampingi Presiden Joko Widodo untuk kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat (AS). 


Presiden Jokowi bertolak menuju Amerika Serikat usai menghadiri KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Arab Saudi, Minggu 12 November 2023 -Sekretariat Presiden-

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bawa Hasil KTT OKI Ke Meja Presiden Amerika Serikat, Tuntut Pertanggungjawaban Israel Terhadap Pembunuhan Warga Sipil di Gaza

Menlu Retno memastikan bahwa Kementerian Luar Negeri terus menjaga komunikasi dengan ketiga WNI tersebut, serta dengan perwakilan MER-C di Jakarta untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik.

Menlu juga mengumumkan keberhasilan evakuasi 2 keluarga WNI dari Gaza pada 3 November 2023. 

Keluarga Abdillah Onim, ketiga anaknya yang juga WNI, serta istrinya yang berkewarganegaraan Palestina keluar dari Gaza melalui perbatasan Rafah yang berbatasan darat dengan Mesir.

Sedangkan ketiga WNI lainnya yaitu Muhammad Husein, kedua anaknya, serta istrinya yang merupakan warga Palestina, juga telah dievakuasi dari Gaza melalui perbatasan Rafah.


Beberapa keluarga masyarakat Gaza, Palestina menggunakan kendaraan seadanya untuk mengungsi ke perbatasan Rafah, Mesir-Telegram/@Alqassam-

BACA JUGA:Totalitas Bela Palestina, MUI Keluarkan Fatwa Boikot Produk-Produk yang Dukung Israel

Setelah berhasil keluar dari Gaza pada Minggu waktu setempat, Husein dan keluarganya dibawa ke Kairo untuk selanjutnya dipulangkan ke Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: