Menlu RI Retno Marsudi Dipercaya OKI untuk Perjuangkan Perdamaian Palestina

Menlu RI Retno Marsudi Dipercaya OKI untuk Perjuangkan Perdamaian Palestina

Presiden Indonesia Joko Widodo mendukung Menlu RI Retno Marsudi dalam upaya perdamaian konflik antara Israel dan Palestina -Youtube @sekretariatpresiden-

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung misi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi sebagai juru damai untuk konflik Israel-Palestina

Retno menjadi salah satu Menlu yang telah ditunjuk Organisasi Kerja Sama Negara Islam (OKI) untuk mengemban misi  perdamaian Palestina dan Israel. 

Presiden menyampaikan hal tersebut dalam keterangan pers-nya di Washington DC, Amerika Serikat (AS), Senin 13 November 2023.

“Saya juga ingin memberikan dukungan penuh untuk Menteri Luar Negeri Indonesia yang terpilih sebagai salah satu Menlu yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina,” ungkap Jokowi melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi sebelumnya menghadiri KTT OKI di Riyadh, Arab Saudi yang diselenggarakan khusus untuk membahas konflik Palestina pada Sabtu 11 November 2023. 

BACA JUGA:Indonesia Bawa Mandat OKI Jadi Utusan Perdamaian Palestina

BACA JUGA:Jokowi Terbang ke AS, Sampaikan Pesan OKI soal Palestina ke Biden

Ia mengungkap bahwa saat ini dunia seolah tak kuasa menyaksikan penderitaan rakyat Palestina. Jokowi pun mengajak para pemimpin negara yang hadir dalam konferensi OKI tersebut turut ambil bagian dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina.

“Saat KTT, saya menyampaikan secara jujur bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina, sehingga saya mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina,” kata Jokowi.

BACA JUGA:Jokowi Jadi Utusan Perdamaian OKI untuk Palestina, Datangi Joe Biden di Gedung Putih

Dalam perhelatan konferensi tersebut, Jokowi juga menyatakan beberapa hal yang harus dilakukan dalam waktu dekat yakni gencatan senjata, percepatan bantuan kemanusiaan, resolusi perdamaian, memperketat syarat penyerangan, dan permintaan pertanggungjawaban kepada Israel.

“Gencatan senjata harus segera diwujudkan, bantuan kemanusiaan harus dipercepat dna diperbanyak, perundingan damai harus segera dimulai, fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan, dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” tambah Jokowi.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bawa Hasil KTT OKI Ke Meja Presiden Amerika Serikat, Tuntut Pertanggungjawaban Israel Terhadap Pembunuhan Warga Sipil di Gaza

Menurut Jokowi, pertemuan OKI ini menghasilkan pesan yang luar biasa kuat untuk dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: