Usai CEO OpenAI Dipecat, Sam Altman Menjadi Ketua Tim Peneliti AI Microsoft

Usai CEO OpenAI Dipecat, Sam Altman Menjadi Ketua Tim Peneliti AI Microsoft

Sam Altman saat menjadi pembicara di University College London pada 24 Mei 2023. Altman menjadi ketua tim peneliti AI di Microsoft setelah pemecatannya sebagai CEO OpenAI pada Jumat, 17 November 2023. -AP Photo/Alastair Grant -Ny1

HARIAN DISWAY - Microsoft merekrut mantan CEO OpenAI Sam Altman dan salah satu pendirinya Greg Brockman. Hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO Microsoft Satya Nadella melalui postingannya di X (Twitter) pada Senin, 20 November 2023.

“Kami sangat gembira untuk menyampaikan kabar bahwa Sam Altman dan Greg Brockman, bersama rekan-rekannya, akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim peneliti AI tingkat lanjut yang baru,” kata Nadella.

“Kami berharap dapat bergerak cepat untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk kesuksesan mereka,” tambahnya.

BACA JUGA: Persaingan Raksasa Teknologi Elon Musk dan Mark Zuckerberg, Pengamat Zuckerberg: Elon Gila

Kabar perekrutan tersebut muncul sebagai akibat atas pemecatan Sam Altman dari OpenAI pada Jumat, 17 November 2023.

Dewan direksi OpenAI mengatakan bahwa mereka “tidak lagi percaya pada kemampuannya untuk terus memimpin OpenAI.”

Beberapa jam setelah pemecatan Sam Altman sebagai CEO OpenAI, Greg Brockman sebagai salah satu pendirinya turut mengundurkan diri dari OpenAI.

“Berdasarkan berita hari ini, aku berhenti,” ungkap Brockman dalam X pada Sabtu, 18 November 2023.

BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Jaringan 5G

Setelah negosiasi akhir pekan mengenai kemungkinan kembalinya Altman ke OpenAI, CEO Microsoft Satya Nadella mengumumkan bahwa Sam Altman dan Greg Brockman bergabung untuk memimpin tim peneliti AI di Microsoft.

Melalui postingannya di X, Altman menyebarkan kembali postingan Nadella tentang bergabungnya Altman dalam Microsoft disertai pesan "misi berlanjut."

Nadella memberikan tanggapan dengan memberikan beberapa petunjuk mengenai pandangannya terhadap peran baru Altman sebagai CEO di Microsoft.

“Kami telah belajar banyak selama bertahun-tahun tentang cara memberikan ruang bagi para pendiri dan inovator untuk membangun identitas dan budaya independen dalam Microsoft, termasuk GitHub, Mojang Studios, dan LinkedIn, dan saya menantikan Anda melakukan hal yang sama,” ungkap Nadella.

BACA JUGA:Open AI Chat GPT-4 Makin Canggih, Tingkatkan Akurasi di 27 Bahasa

Dilansir dari The Verges, Brockman juga mengungkapkan bahwa tim barunya di Microsoft akan melibatkan beberapa talenta utama dari OpenAI.

Misalnya, Jakub Pachocki, direktur penelitian di OpenAI, akan bergabung dengan posisi kepemimpinan yang tidak dijelaskan namanya di tim peneliti AI tingkat lanjut Microsoft.

Ilmuwan riset OpenAI Szymon Sidor dan kepala kesiapsiagaan Aleksander Madry juga akan bergabung dengan Microsoft dalam posisi kepemimpinannya di tim baru ini, demikian kata Brockman.

BACA JUGA:Chat GPT Banjir Protes, Dianggap Melanggar Undang-Undang

Melalui platform X, karyawan OpenAI juga membagikan pesan, "OpenAI tidak berarti apa-apa tanpa orang-orangnya," sebagai indikasi kemungkinan lebih banyak pengunduran diri di masa depan.

Pembentukan tim peneliti AI tingkat lanjut dari Microsoft—yang dipimpin Altman dan Brockman—muncul hanya seminggu setelah Microsoft mengumumkan dua chip AI terbarunya.

Chip pertamanya adalah Maia 100 yang dapat bersaing dengan Nvidia. Chip keduanya adalah Cobalt 100 Arm yang dapat bersaing dengan prosesor Intel. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber