Iran Bantah Tuduhan Pembajakan Kapal Israel di Laut Merah, Nasser: Jangan Terkecoh Pengalihan Isu!

Iran Bantah Tuduhan Pembajakan Kapal Israel di Laut Merah, Nasser: Jangan Terkecoh Pengalihan Isu!

Kapal Israel Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023 -Times of Israel-

HARIAN DISWAY - Kementerian Luar Negeri Iran membantah tuduhan Israel sebagai dalang dibalik pembajakan kapal yang dilakukan Houthi Yaman di Laut Merah pada 20 November 2023.

Menteri Luar Negeri Iran Nasser Kanani mengatakan bahwa itu hanya bualan Israel untuk mengalihkan perhatian dari kekalahan perang mereka di Gaza. Ia meminta masyarakat dunia tidak terkecoh dengan pengalihan isu tersebut.

“Kami sudah mengatakan berkali-kali bahwa kelompok-kelompok perlawanan di wilayah itu (Houthi Yaman, Red) bertindak secara independen dan spontan berdasarkan kepentingan mereka sendiri,” tegasnya.

Sebelumnya, Pasukan Houthi Yaman mengklaim bahwa mereka telah menyergap kapal kargo pengangkut mobil Israel Galaxy Leader di Laut Merah pada 19 November 2023.


Iran bantah tuduhan Israel soal Jadi buntut pembajakan Kapal Israel Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023 -BBC-

BACA JUGA:Tak Gentar! Pasukan Houthi Yaman Tembak Jatuh Drone AS Pendukung Israel

Juru Bicara Pasukan Houthi Yaman Yahya Saree menyatakan bahwa pasukan mereka telah membajak kapal kargo Inggris yang dioperasikan Jepang tersebut, beserta 25 awak kapal di dalamnya.

"Kami mengkonfirmasi bahwa kami akan terus melanjutkan operasi militer kami terhadap Israel. Sampai agresi dan penjajahan terhadap saudara-saudara kami di Gaza dan Tepi Barat berhenti," katanya.

Houthi Yaman bahkan juga memberi peringatan pada pelaut internasional untuk tidak bekerja dengan perusahaan kelautan Israel manapun.

Karena mereka telah memberikan ultimatum pada 19 November 2023 bahwa setiap kapal milik Israel atau kapal yang mendukung Israel akan menjadi target sasaran pasukan Houthi.

Sebelumnya, Houthi yang didukung oleh Teheran dan Iran tersebut, telah meluncurkan beberapa serangan rudal dan drone ke Israel sejak 7 Oktober 2023.

Serangan zionis Israel terhadap warga Gaza telah menewaskan lebih dari 12.300 warga Palestina, termasuk 5.000 di antaranya anak-anak.


Iran bantah tuduhan Israel soal jadi buntut pembajakan Kapal Israel Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023 -Al-Jazeera-

BACA JUGA:Gigit Jari! Impian Israel Kuasai Seluruh Palestina bisa Sirna, Biden Tegaskan Solusi Dua Negara Adalah Satu-Satunya Jalan Keluar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: