Dalam Jangka Sewindu, Pemerintah Selesaikan 173 Proyek Strategis Nasional Bernilai 1.442 Triliun

Dalam Jangka Sewindu, Pemerintah Selesaikan 173 Proyek Strategis Nasional Bernilai 1.442 Triliun

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menko Perekonomian Airlangga Hartanto memegang buku potret sewindu pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jakarta, Jumat malam-Kementerian PUPR-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Para Menteri Kabinet Indonesia Maju merayakan sewindu masa pembangunan berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN) di Indonesia. 

Mereka adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno dan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong

Acara Sewindu PSN bertajuk Malam Apresiasi menuju Indonesia Emas 2045 tersebut digelar di Auditorium Kementerian PUPR,  Jakarta, Jumat malam, 24 November 2023.


Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan di depan terowongan jalan tol Cisumdawu setelah peresmian tolbaru tersebut 11 Juli 2023. -Setpres-

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PSN di Indonesia selama 8 tahun ini. Terutama, Kementerian PUPR yang telah menyelesaikan jumlah PSN terbanyak. 

BACA JUGA:TKN Tegaskan Prabowo-Gibran Siap Lanjutkan Proyek IKN dan Pembangunan Infrastruktur Lain

“Terutama Kementerian PUPR, karena sekitar 90 persen merupakan pekerjaan infrastruktur yang dilakukan Kementerian PUPR,” jelas Airlangga.

Berdasarkan data, tercatat sebanyak 173 PSN telah diselesaikan oleh Pemerintah Indonesia dengan nilai sebesar Rp 1.442 T. 

Ke depan, pemerintah masih membutuhkan kerja sama dari stakeholder dan badan usaha agar manfaatnya dapat dirasakan secara optimal oleh masyarakat. 


Twin tunnel Jalan Tol Cisumdawu berlatar pengunungan Geulis-Bukitjarian di Kabupaten Sumedang-Kementerian PUPR-

“Capaian ini tentu masih perlu terus diperhatikan. Sebab kedepannya, infrastruktur yang sudah dibangun perlu dioptimalkan pemanfaatannya bagi masyarakat,” tambah Menko Airlangga.

BACA JUGA:Indonesia dan JICA Teken Risalah Pembahasan Penilaian Proyek, Pembangunan MRT Koridor Timur – Barat Dimulai 2024

Adapun jumlah PSN yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR selama periode 2016-2023 sebanyak total 201 PSN. 

Sebanyak 88 PSN telah diselesaikan dengan rincian 54 PSN selesai dan keluar dari daftar, dan sebanyak 34 PSN telah selesai dan masih dalam daftar Permenko Perekonomian Nomor 7 tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: