Bagikan Cara Menulis Fiksi dalam Kembara Sastra dalam Dunia Rempah Nusantara oleh Perlima, Ini Arahan Kurnia Effendi!

Bagikan Cara Menulis Fiksi dalam Kembara Sastra dalam Dunia Rempah Nusantara oleh Perlima, Ini Arahan Kurnia Effendi!

Cerpenis Kurnia Effendi saat memberikan pelatihan kepenulisan fiksi dalam rangkaian acara Kembara Sastra dalam Dunia Rempah pada Sabtu, 25 November 2023 di Baradjawa Coffee Shop, Surabaya. -A Dinho Anrose/HARIAN DISWAY-

- Meyakinkan diri mengenai gagasan yang dibawa

- Memperkenalkan tokoh seperti hidup dan nyata dengan tidak menggunakan gaya penulisan CV

- Memilih Point of View (POV)

- Memainkan emosi pembaca

- Melakukan riset untuk semakin meyakinkan pembaca
Ada banyak hal yang disampaikan cerpenis Kurnia Effendi dalam pelatihan kepenulisan fiksi dalam rangkaian acara Kembara Sastra dalam Dunia Rempah yang diselenggarakan oleh Perlima. -A Dinho Anrose/HARIAN DISWAY-

Selain arahan mengenai apa saja yang perlu disiapkan dalam membuat cerpen, Mas Kef memberikan beberapa motivasi untuk para peserta agar tidak ragu untuk menjadi menulis.

“Karena kemampuan menulis, banyak profesi bisa saya geluti, itu pun hanya sambilan, bukan profesi utama. Jadi jangan khawatir, duit dari sana banyak,” canda Mas Kef yang disusul gelak ketawa dari peserta.

Harapan Wilis, para anggota dan peserta yang sudah diberikan teknis penulisan dan batas waktu pengumpulan bisa menghasilkan karya fiksi yang baik. "Mumpung ada arahan yang didapat dari seorang sastrawan seperti Mas Kef," ungkapnya.

Ditambahkan panitia dan pengurus Perlima Windy Effendy, kumpulan karya yang dibuat rencananya dibukukan dan ditampilkan di media online. Sehingga karya bisa dinikmati oleh lebih banyak pembaca. (Wafiqul Azizah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: