Kemenkes Bagikan 5 Cara Agar Terhindar dari Penyakit saat Musim Hujan Tiba

Kemenkes Bagikan 5 Cara Agar Terhindar dari Penyakit saat Musim Hujan Tiba

Ada lima tip dari Kemenkes untuk menghadapi puncak musim hujan sehingga Anda terhindar dari penyakit. -iStock-

HARIAN DISWAY- Hujan mulai membasahi sejumlah wilayah di Indonesia. Suhu dingin kadang membuat nyaman bagi sebagian orang, namun Suhu dingin bisa juga berpotensi datangnya penyakit.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, cuaca hujan membuat orang perlu memperhatikan kesehatannya, terlebih lagi sistem imunitasnya. Lantaran, penyakit penyerta hujan mulai merebak.

Adapun, sejumlah penyakit penyerta hujan yang biasa ditemukan pada manusia seperti malaria, DBD, asma, bahkan leptospirosis.

Maka dari itu, Kemenkes membagikan lima cara yang dapat dilakukan setiap orang agar terhindar dari berbagai penyakit yang muncul pada saat musim hujan.

Pertama, setiap orang bisa mulai mengubah kebiasaan pola makan. pola makan yang bisa diterapkan adalah mengonsumsi makanan yang bersih, sehat, dan bergizi.

BACA JUGA: Waspada 7 Penyakit pada Musim Hujan, Ada Asma Hingga Malaria

Kedua, setiap orang diminta untuk tidak menyentuh wajah menggunakan tangan yang kotor. Pasalnya, tangan yang kotor itu menjadi sarang bakteri dan virus, sehingga perlu cuci tangan terlebih dahulu.

Ketiga, setiap orang harus menghindari air kotor atau kubangan yang terbentuk akibat hujan, terlebih lagi anak-anak yang suka mandi hujan. Hal itu dikarenakan dapat memicu penyakit influenza, infeksi jamur pada kulit hingga kolera.

Keempat, seperti yang banyak orang tahu, bertambahnya keberadaan nyamuk di musim hujan justru mengancam kesehatan manusia.

Oleh sebab itu, setiap orang harus mulai rutin membersihkan rumah, saluran air, selokan, hingga tempat-tempat lain untuk membasmi tempat yang jadi perkembangbiakkan nyamuk.

Terakhir, setiap orang mulai membiasakan diri mencuci tangan dengan benar. Individu bisa menggunakan sabun atau hand sanitizer. Fungsinya agar meminimalisir infeksi virus dan bakteri yang terbawa oleh telapak tangan yang kotor. (Wehernius Irfon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ayosehat.kemkes.go.id