Benarkah Zara Benci Palestina? Ini Pernyataan Desainer Senior Vanessa Perilman tentang Gaza

Benarkah Zara Benci Palestina? Ini Pernyataan Desainer Senior Vanessa Perilman tentang Gaza

BENARKAH Zara benci Palestina? Ini pernyataan desainer senior Vanessa Perilman tentang Gaza. -Konstantinos Tsakalidis-Getty Images via AFP

HARIAN DISWAY - Zara menghadapi ancaman boikot besar-besaran dari negara-negara muslim. Penyebabnya, kampanye koleksi terbaru mereka yang bertajuk The Jacket dianggap menghina korban agresi Israel di Gaza.

Model Kristen McMenamy terlihat berpose di depan reruntuhan, kotak-kotak peti kayu yang berserakan, hingga manekin tanpa kaki dan tangan yang bergelimpangan. Bahkan ada foto dia berpose memanggul manekin yang dibungkus kain kafan layaknya jenazah.

Benarkah Zara, sebuah brand asal Spanyol, membenci Palestina sebegitu rupa? Mengapa merek fashion superlaris itu memilih kampanye yang meningkatkan ancaman boikot?

BACA JUGA:Zara Terancam Boikot Besar-besaran Gara-Gara Hina Korban Gaza, Kok Bisa?

Sebagai perusahaan besar, Zara memiliki ribuan staf yang memiliki pandangan politik berbeda-beda. Salah seorang di antaranya adalah Vanessa Perilman. Dia merupakan kepala desainer busana perempuan.


BENARKAH Zara benci Palestina? Ini pernyataan desainer senior Vanessa Perilman tentang Gaza. Foto: desainer Zara Vanessa Perilman-Billy Farrell-Patrick McMullan-CNN

Pada 2021, Vanessa Perilman terlibat perdebatan online dengan model asal Palestina Qaher Harhash. Perdebatan itu dimulai ketika Perilman mengomentari upaya Harhash memberikan advokasi buat warga Gaza.

"Jadi intinya, kamu ingin menunjukkan ke seluruh dunia bahwa Israel adalah negeri kejam yang melakukan hal-hal mengerikan kepada warga Palestina? Ya ampun," cerocos Vanessa Perilman di DM (pesan langsung) Instagram ke akun Harhash pada 9 Juni 2021.

BACA JUGA:Amerika Serikat Veto Resolusi Gencatan Senjata Dewan Keamanan PBB di Gaza

BACA JUGA:Efek Pasal 99! UAE Ikut Desak Dewan Keamanan PBB untuk Kabulkan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

"Tapi enggak apa-apa kok. Orang-orang di industri ini tahu segala kebenaran tentang (konflik) Israel dan Palestina. Dan aku TIDAK AKAN PERNAH berhenti membela Israel. Toh orang kayak kamu datang dan pergi sepanjang waktu," lanjut Perilman.

"Mungkin kalau wargamu cukup berpendidikan, mereka tidak akan meledakkan rumah sakit dan sekolah yang pembangunannya dibantu Israel," tulis Vanessa Perilman.


BENARKAH Zara benci Palestina? Ini pernyataan desainer senior Vanessa Perilman tentang Gaza. Foto: model Palestina Qaher Harhash.-IMG Model-

"Orang Israel tidak mengajari anak-anak mereka untuk membenci ataupun melempari tentara dengan batu, sebagaimana warga kalian," lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nbc news