Zara Terancam Boikot Besar-besaran Gara-Gara Hina Korban Gaza, Kok Bisa?

Zara Terancam Boikot Besar-besaran Gara-Gara Hina Korban Gaza, Kok Bisa?

ZARA terancam boikot besar-besaran gara-gara hina korban Gaza, kok bisa? -Zara-

HARIAN DISWAY - Brand pakaian Zara menghadapi ancaman boikot di berbagai negara di dunia. Gara-gara kampanye koleksi terbarunya, The Jacket, dianggap menghina korban Gaza.

Kampanye yang dimulai pada 8 Desember 2023 itu merupakan bagian dari koleksi terbaru seri Zara Atelier. Menampilkan model Kristen McMenamy dalam balutan jaket hitam bertabur embellishment yang chic sekaligus edgy.

Namun, bukan koleksinya yang jadi masalah. Yang fatal adalah setting foto McMenamy. Model AS berusia 58 tahun itu berpose di ruangan serbaputih, dikelilingi reruntuhan.

BACA JUGA:Totalitas Bela Palestina, MUI Keluarkan Fatwa Boikot Produk-Produk yang Dukung Israel

Ada juga ia berpose seperti di dalam peti yang di-setting berdiri. Di sekitarnya bergelimpangan manekin-manekin tanpa anggota tubuh lengkap. Bahkan di depannya tergolek manekin terbungkus plastik dan diikat seperti mayat.


ZARA terancam boikot besar-besaran gara-gara hina korban Gaza, kok bisa?-Zara-

Bahkan, yang paling menyakitkan, ada pose Kristen McMenamy menyandang sebuah manekin yang terbungkus kain putih layaknya kafan.

Kampanye tersebut menuai kemarahan yang luar biasa dari berbagai negara. Terutama negara-negara muslim. Sebab, image manekin yang dibungkus itu mirip dengan jenazah warga Gaza yang gugur oleh agresi Israel.

BACA JUGA:Saham Starbucks dan McDonalds Anjlok: Imbas Pemboikotan Produk AS-Israel

BACA JUGA:FOA Boikot Kurma Israel lewat Gerakan #CheckTheLabels

Sedangkan backdrop berupa reruntuhan itu dianggap merepresentasikan gedung dan rumah-rumah di Gaza yang hancur lebur oleh bom dan roket.

"Ini jijik banget. Foto menjijikkan, gila, dan sadis macam apa yang sedang kulihat ini?" tulis pengusaha asal Turki Melanie Elturk di bawah unggahan kampanye Zara di platform X.

"Menggunakan kematian dan kehancuran sebagai latar belakang foto fashion itu lebih dari jahat sih. Ini adalah keterlibatan langsung (dalam pembantaian) dan harusnya membuat kita sebagai konsumennya murka," tulis seniman Palestina Hazem Harb di Instagram.


ZARA terancam boikot besar-besaran gara-gara hina korban Gaza, kok bisa? Foto: Kristen McMenamy memanggul manekin yang dibungkus seperti jenazah.-Zara-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber