Bikin Israel Bangkrut, Milisi Houthi Yaman Blokade Lalu Lintas Kapal Menuju Pelabuhan Israel

Bikin Israel Bangkrut, Milisi Houthi Yaman Blokade Lalu Lintas Kapal Menuju Pelabuhan Israel

Yahya Saree umumkan Houthi Yaman telah berhasil membuat Israel bangkrut dengan memblokade tiap kapal yang menuju ke Eilat, Israel pada 11 Desember 2023 -Akun X @yahya_saree-

HARIAN DISWAY - Kelompok milisi asalah Yaman Houthi melakukan tekanan ekonomi pada Israel dengan memberlakukan blokade lalu lintas kapal yang menuju pelabuhan Eilat setidaknya sejak 11 Desember 2023.

Pasukan Houthi lewat juru bicaranya memastikan trlah mencegat seluruh kapal dari negara manapun yang menuju ke Pelabuhan Eilat, Israel.

Aksi ini sebagai bentuk protes terhadap kekejaman pasukan Israel terhadap warga Gaza yang membatasi bantuan kemanusiaan yang masuk ke Gaza sejak 9 Desember 2023.

Houthi juga tak segan memperingatkan seluruh perusahaan pelayaran internasional untuk tidak bekerjasama dengan Israel di sektor apapun.

Bentuk protes tersebut dilayangkan Houthi menyusul sidang DK PBB yang gagal meloloskan resolusi gencatan senjata pada 9 Desember 2023 lalu akibat Veto Amerika Serikat.

“Jika Gaza tidak menerima bantuan kemanusiaan seperti makanan dan obat-obatan, Seluruh kapal yang berada di Laut Merah yang menuju ke Pelabuhan Eilat, apapun kewarganegaraannya, akan menjadi sasaran kami!” ujar Yahya Saree, Juru Bicara Houthi Yaman.

Dalam beberapa pekan terakhir, Houthi juga telah menyita dan menyerang beberapa kapal yang berhubungan dengan Israel di Laut Merah, termasuk kapal Galaxy Leader dan USS Carney.

Houthi juga tidak segan menembakkan rudal balistik dan drone bersenjata ke arah Israel pada 6 Desember 2023.

BACA JUGA:Benarkah Zara Benci Palestina? Ini Pernyataan Desainer Senior Vanessa Perilman tentang Gaza


Kapal USS Carney yang menuju ke Israel melalui Laut Merah diserang langsung oleh pasukan Houthi Yaman pada 3 Desember 2023 -Surflant-

Menanggapi hal itu, pejuang Hamas berterima kasih kepada Pasukan Milisi Houthi Yaman.

Karena saat ini, banyak kapal dan perusahaan pelayaran yang memilih untuk berhenti bekerja sama dengan Israel ataupun berlayar di Laut Merah.

“Saat ini, zionis Israel sudah merasakan dampaknya. Sebanyak 85 perseb pendapatan negara yang berasal dari pelabuhan dan pengiriman kendaraan kini berhasil dicegat oleh pasukan Yaman,” tulisnya dalam sebuah pernyataan Telegram pada 11 Desember 2023.

Pencegatan yang dilakukan Houthi, akan merubah rute maritim dunia secara signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: