Uji Beban FO Djuanda Tuntas, Siap Beroperasi Dua Hari Lagi

Uji Beban FO Djuanda Tuntas, Siap Beroperasi Dua Hari Lagi

Sejumlah truk di jalur FO A usai uji beban jelang pembukaan Flyover Djuanda -Mohamad Nur Khotib -

SIDOARJO, HARIAN DISWAY– Loading test alias uji beban Flyover (FO) Djuanda sudah tuntas. Jembatan layang senilai Rp 332,8 miliar itu pun sudah bisa diakses mulai Jumat, 15 Desember 2023.

“Uji beban untuk jalur FO A sudah selesai dua hari lalu. Yang FO B baru selesai kemarin,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen Pelaksanaan Jalan nasional I Made Gede Widhiyasa kepada Harian Disway, Rabu, 13 Desember 2023.

BACA JUGA:H-3 Jelang Pembukaan FO Djuanda, Begini Penampakannya

BACA JUGA:FO Djuanda Dibuka Jumat, Besok Uji Beban Terakhir

Uji beban ini, kata lelaki yang karib disapa Dede itu, sangat penting. Yakni untuk mengukur kemampuan beban maksimal dari sebuah jalan. Tentu saja bertujuan memastikan keamanan struktur bangunan agar sesuai persyaratan.

Juga menjamin keselamatan setiap orang ketika bangunan sudah dioperasikan. Selain itu, uji beban dilakukan untuk melihat potensi masalah pada struktur konstruksi yang bisa berdampak fatal nantinya.

BACA JUGA:Semakin Dekat Dengan Uji Coba Flyover Djuanda, Tersisa Beberapa Pekerjaan Minor

BACA JUGA:Flyover Djuanda Dibuka 15 Desember, Selamat Tinggal Kemacetan Bundaran Aloha

Pada uji beban itu, sejumlah truk dengan muatan tampak berseliweran di jembatan layang tersebut hingga Selasa, 12 Desember 2023. Lajunya amat pelan. Tentu saja truk-truk itu untuk uji beban.

Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa-Bali pun sudah memasang alat uji beban terakhir sejak Sabtu, 9 Desember 2023. 

Dede menegaskan bahwa uji beban ini begitu krusial. Ia juga memastikan tidak ada pembatasan jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas. 

Setelah itu, rencana uji coba fungsional akan digodok bareng dengan forum lalu lintas hari ini dan beaok. “Kita akan rapat bersama forum lalu lintas, terkait manajemen rekayasa lalu lintas dan sebagainya,” katanya.

BACA JUGA:PUPR Ubah Nama Flyover Aloha Jadi Flyover Djuanda

BACA JUGA:Tinjau Pembangunan Fly Over Juanda di Bundaran Aloha, Menteri PUPR Minta Lebih Banyak Ditanami Pohon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: