Kuntoro Mangkusubroto, Menteri Pertambangan dan Energi Era Soeharto Tutup Usia

Kuntoro Mangkusubroto, Menteri Pertambangan dan Energi Era Soeharto Tutup Usia

Mantan Meneteri Pertambangan dan Energi tutup usia.-bbc.com-

HARIAN DISWAYKuntoro Mangkusubroto, mantan Menteri Pertambangan dan Energi meninggal dunia hari ini, Minggu, 17 Desember 2023. Tepatnya pada pukul 01.03 WIB. Ia tutup usia di RSCM Kencana pada usia 76 tahun.

Berita tersebut disampaikan oleh Anindityas, sekretaris Kuntoro Mangkusubroto. "Beliau meninggal dunia di RSCM Kencana pukul 01.03 WIB tadi," ujarnya.

Mendiang disemayamkan di rumah duka, Jalan Kesemek Blok S Nomor 2 Kompleks Kalibata Indah, Jakarta Selatan. "Almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata setelah dzuhur," jelasnya.

BACA JUGA:Gathering Perusuh Disway 2023 (1): Perusuh Disway Lebih Penting daripada Disway

Kuntoro merupakan mantan Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia yang menjabat pada periode 1998-1999. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT PLN Persero pada periode 2000-2001.


KUNTORO Mangkusubroto, Menteri Pertambangan dan Energi era Soeharto tutup usia.-SBM ITB-

Kuntoro  juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pelaksana-Badan Rehabilitasi Rekonstruksi Aceh-Nias. Ia bertugas melakukan pemulihan kawasan Aceh dan Nias setelah tragedi tsunami dahsyat yang melanda pada 26 Desember 2004 silam.

BACA JUGA:Gathering Perusuh Disway 2023 (2): Bahas Isu Pendidikan Hingga Pupuk Bersubsidi

BACA JUGA:Arah Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia

Alumni ITB dan Stanford University, Amerika tersebut juga pernah ditunjuk sebagai Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian (UKP4) pada kabinet Indonesia Bersatu II pada 2009.

UKP4 merupakan lembaga adhoc yang diinisiasi oleh Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono yang ditugaskan untuk memastikan kelancaran pemenuhan program kerja kabinet.

Kuntoro Mangkusubroto lahir pada 14 Maret 1947 di Purwokerto. Selepas kuliah S1 di ITB pada 1972, ia menjadi dosen Teknik Industri di almamaternya tersebut. Sebelum menjabat sebagai menteri di masa akhir pemerintahan Presiden Soeharto, ia sudah malang melintang di berbagai perusahaan pertambangan.


KUNTORO Mangkusubroto, Menteri Pertambangan dan Energi era Soeharto tutup usia.-SBM ITB-

BACA JUGA:Ikut Pilpres Untuk Sampai Tiga Kali, Prabowo: Saya Terus Belajar dari Kekalahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber