3 Alasan Pramudya Kusumawardana Pensiun dari Bulu Tangkis, Dari Kuliah hingga Kesehatan Mental

3 Alasan Pramudya Kusumawardana Pensiun dari Bulu Tangkis, Dari Kuliah hingga Kesehatan Mental

Pramudya Kusumawardana (kiri) berlaga dengan Yeremia Rambitan (kanan). Pram memutuskan mundur dari pelatnas PBSI-PBSI-

HARIAN DISWAY - Rumor bahwa Pramudya Kusumawardana mundur dari Pelatnas PBSI menjadi kenyataan. Pada Senin, 18 Desember 2023, PBSI mengumumkan bahwa Pram resmi keluar dari Cipayung.

Pram juga memutuskan berhenti sebagai pemain bulu tangkis. Kabar tersebut diumumkan melalui siaran langsung channel Youtube PBSI: Intimate Talk with Pramudya Kusumawardana.

Ada beberapa faktor yang membuat Pram gantung raket lebih dini. Yakni karena ingin mengejar pendidikan, masalah kesehatan mental, dan peluang bersaing di Olimpiade Paris 2024 yang tak cukup besar.

BACA JUGA:Pramudya Kusumawardana Ingin Keluar dari Pelatnas, Ini Komentar Yeremia Rambitan

Pram mengaku sempat mengalami masalah kesehatan mental. Hal itu memiliki efek domino ke kehidupannya secara menyeluruh. Pram menilai pilihan keluar dari pelatnas menjadi solusi terbaik baginya.


3 ALASAN Pramudya Kusumawardana pensiun dari bulu tangkis, dari kuliah hingga kesehatan mental. Foto: Kenangan indah Pram/Yere meraih emas SEA Games 2023.-Deri Destan-PP PBSI

Pemain 23 tahun itu sebenarnya memiliki niat mundur dari pelatnas sejak awal tahun ini. Ia juga berpikir panjang sebelum mengambil keputusan tersebut. Pram sudah mendiskusikan pilihannya dengan pelatih.

"Poin pertama adalah kesehatan mental saya sedang tidak bagus. Hal ini tidak bagus untuk keseharian saya, karena memiliki efek terhadap kehidupan saya sehingga saya membutuhkan istirahat," tutur Pram.

BACA JUGA:Rumor Pramudya Kusumawardana Tinggalkan Pelatnas, Yere: Akhir-akhir Ini Kelihatan Murung

BACA JUGA:Rumor Pramudya Kusumawardana Mundur dari Pelatnas, PBSI Angkat Bicara

Pram sudah mantap untuk melanjutkan kuliah di Australia. Pemain kelahiran 13 Desember 2000 itu melanjutkan studi di Sydney. Pram mengambil jurusan Sports Science dan Sports Psychology.

"Saya masih mementingkan pendidikan. Sebagian orang sudah tahu saya menekuni sports science dan sports psychology," jelas Pram. "Saya ambil studi di luar karena merasa sistem di Indonesia belum mendukung atlet profesional," lanjut pasangan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan itu.


3 ALASAN Pramudya Kusumawardana pensiun dari bulu tangkis, dari kuliah hingga kesehatan mental. Foto: Pram/Yere bertanding di Kumamoto Masters Japan 2023.-Deri Destan-PP PBSI

Poin ketiga adalah peluang lolos ke Olimpiade 2024 yang minim. Pram/Yere berada di posisi ke-15 dalam Race to Paris atau ranking kelima ganda putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pp pbsi