Inilah Aturan untuk RHU di Malam Natal dan Tahun Baru

Inilah Aturan untuk RHU di Malam Natal dan Tahun Baru

Suasana salah satu tempat rekreasi hiburan umum (RHU) di Surabaya. Mereka boleh buka di malam pergantian tahun hingga Senin, 1 Januari 2024 pukul 04.00.--

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 000.1.10/ 29094/ 436.8.6/2023 tentang Peningkatan Keamanan, Ketentraman dan Toleransi pada Natal 2023 dan Malam Tahun Baru (Nataru) 2024 di Kota Pahlawan. 

Namun rupanya banyak yang gagal paham dengan isi SE tersebut. Sebagian masyarakat, termasuk pengelola Rekreasi Hiburan Umum (RHU). Mereka gagal paham pada poin ketiga terkait pelaksanaan kegiatan usaha RHU.

Pada bagian A poin 3 tertulis : Semua kegiatan rekreasi dan hiburan umum diimbau menutup kegiatan usahanya pada tanggal 24 Desember 2023 (malam Natal) mulai pukul 18.00 WIB.

Para pengelola RHU beranggapan, aturan tersebut juga berlaku pula saat malam Tahun Baru. Karena jika demikian, mereka akan kehilangan keuntungan yang cukup besar. Karena biasanya, di malam pergantian tahun, RHU akan disesaki pengunjung. Tidak sedikit yang sudah reservasi tempat dari jauh-jauh hari.

BACA JUGA:Kendalikan Harga Sembako, Pemkot Surabaya Dirikan Warung TPID di Lima Pasar

BACA JUGA:Pemkot Surabaya Godok Tarif Angkutan Umum Listrik

“Kalau tutup pas malam Tahun Baru yo rugi akeh (banyak) aku bro,” ujar AS, salah satu pengelola RHU kepada Harian Disway, Rabu, 20 Desember 2023.

Indikasi gagal paham juga terlihat dari komentar masyarakat dalam postingan Instagram @aslisuroboyo. Dalam caption foto yang berlatar suasana di sebuah hiburan malam tertulis : Panggon Hiburan nang Suroboyo Wajib Tutup Jam 6 Sore Pas Nataru.

“Ditutup jam 18.00, bagi panggon hiburan yg pengen buka sampe countdown.. ada biaya tambahan.. mungkin itu maksudnya,” tulis pemilik akun @chikology pada komen komentar.

“@chikology bener banget itu bang.. Cuma alasan minta biaya tambahan,” balas @siswanto.1802.

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Pemkot Surabaya Gelontorkan 10 Ton Beras lewat Pasar Murah

BACA JUGA:Pemkot Surabaya Gandeng Stikosa AWS Penguatan Kualitas Komunikasi Publik

Hingga Selasa, 20 Desember 2023, pukul 19.00 WIB, postingan tersebut ditanggapi dengan 609 komentar yang sebagian besar berkomentar miring. Meskipun ada sebagian yang mendukung jika memang ditutup sejak pukul 19.00 WIB.

Padahal, pada bagian B poin 3 tertulis, semua kegiatan usaha rekreasi dan hiburan umum menjelang pergantian tahun baru masehi dapat menyelenggarakan kegiatan dengan beberapa ketentuan :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: