Menhub Pantau Kesiapan Nataru, Jakarta-Cikampek Titik Kepadatan Utama

Menhub Pantau Kesiapan Nataru, Jakarta-Cikampek Titik Kepadatan Utama

Menhub Budi Karya Sumadi dan sejumlah stakeholder dalam rapat gabungan koordinasi penanganan arus libur Nataru 2023 di Jakarta. 21 Desember-Kemenhub-

HARIAN DISWAY – Mendekati libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, Menhub Budi Karya Sumadi mengadakan rapat koordinasi lintas sektoral guna menangani arus kendaraan di Tol Cikampek.

Dalam penuturannya pada Selasa, 19 Desember 2023 di Kantor Jasa Marga Cikampek Utama, Jawa Barat, salah satu titik krusial yang menjadi perhatian pada penanganan arus kendaraan jelang natal adalah Tol Trans Jawa. 


Gerbang Tol Cikampek Utama-Dok/Jasa Marga-

Untuk periode Nataru ini, Korlantas Polri bertugas sebagai komando penanganan arus lalu lintas di lapangan. Mereka memiliki kewenangan bertindak melalui rekayasa lalu lintas baik itu contra flow, one way, maupun cara lainnya secara situasional. Dengan melihat tingkat perhitungan kepadatan kendaraan atau volume to capacity (VC) Ratio.

BACA JUGA:Gelar Operasi Lilin Semeru 2023, Jatim Siap Amankan Nataru

Beberapa titik krusial dengan potensi kepadatan pada ruas tol yaitu Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Pertemuan Tol Layang MBZ Bekasi dengan jalur tol di bawah); hingga Tol Cisumdawu di Jawa Barat yang sudah beroperasi penuh, dan Jalur tol Jakarta-Cikupa yang menuju Banten maupun Pelabuhan Merak. 


Pastikan Keselamatan Jelang Nataru, Kemenhub Ramp Check Bus AKAP dan Pariwisata-Kemenhub-

Dalam pantauan melalui udara, terlihat arus jalan tol lintas Cikampek, Cikopo, Palimanan, masih terbilang lancar. Selain Cikampek, ruas tol yang menjadi perhatian yaitu Tol Semarang-Bawen dan Tol Jakarta-Cikupa yang menuju Banten dan Pelabuhan Merak.

Arus lalu lintas di Tol Kanci-Pejagan, sudah mulai mengalami lonjakan, sedangkan pada ruas Tol Kartasura-Karanganom yang merupakan bagian dari Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo akan dibuka sementara pada 22 Desember 2023.

BACA JUGA:Ada Diskon 10 Persen untuk Jalan Tol Trans Jawa, Catat Besaran Potongan untuk Semua Golongan Kendaraan

Menhub mengimbau pengguna jalan tol memanfaatkan potongan tarif tol pada waktu - waktu yang telah ditetapkan pada beberapa pintu tol, untuk menghindari kepadatan di hari puncak arus mudik maupun balik.

Berlakunya potongan tarif tol pada beberapa pintu tol di waktu-waktu yang telah ditetapkan, menhub memberikan himbauan untuk memanfaatkan hal tersebut untuk menghindari kepadatan di hari puncak arus mudik maupun balik.

Sesuai dengan pernyataan di atas, lonjakan yang terjadi pada arus lalu lintas di Tol Kanci-Pejagan diprediksi sebab diberlakukannya diskon 10 persen, bagi kendaraan yang melakukan perjalanan dari Cikampek Utama (Cikatama), hingga Gerbang Tol Kalikangkung.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenhub