Yummy! Intip 6 Hidangan Khas Natal di Berbagai Negara, Ada Ikan Hering hingga Lontong Ungu

Yummy! Intip 6 Hidangan Khas Natal di Berbagai Negara, Ada Ikan Hering hingga Lontong Ungu

INTIP hidangan khas Natal di berbagai negara, ada ikan hering hingga lontong ungu. -Pexels-

HARIAN DISWAY - Seperti halnya warga Indonesia yang merayakan Lebaran dengan ketupat dan opor ayam, setiap negara memiliki makanan spesial untuk menyambut Natal. Lezat, unik, dan jarang ada di luar momentum holiday. Menjadikan Natal makin terasa spesial.

Biasanya, makanan-makanan itu berakar dari tradisi panjang yang diturunkan dari generasi ke generasi. Mulai dari babi guling di Argentina, sampai 12 macam hidangan khusus di Lithuania, semua orang berhak merasakan kasih dan cinta di hari Natal. Terutama jika disantap di tengah kehangatan keluarga.

BACA JUGA:Chinese Ornament Christmas Tree dan Pohon Natal Kresek Hiasi Kampus PCU

Berikut ini makanan-makanan khas Natal di berbagai negara, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Puto Bumbong (Filipina)


INTIP hidangan khas Natal di berbagai negara, ada ikan hering hingga lontong ungu.-AFP-

Di Manila, Filipina, makan malam Natal adalah acara keluarga wajib yang bisa berlangsung berjam-jam. Kehebohan sudah dimulai sejak sore. Biasanya sepulang misa. Keluarga-keluarga bakal berkumpul di rumah untuk makan, minum, hingga karaoke.

Santapan bisa dimulai dari appetizer dulu. Namanya puto bumbong. Semacam lontong berwarna ungu yang dikukus dalam batang-batang bambu.

BACA JUGA:Cara Vasa Hotel Surabaya Merayakan Kemeriahan Libur Natal dan Tahun Baru dengan 'The Whispers of the Woodland'

Dimakan begitu saja sudah enak. Tapi, bakal makin legit kalau diolesi mentega dan ditaburi parutan kelapa. Wuih, lezatnya naik level berkali-kali lipat. Saat Natal, banyak yang menjual makanan tersebut di depan gereja. Cocok buat yang ogah ribet membuat sendiri.

Namun, itu baru pembukaan. Makan malam Natal—yang disebut noche buena—berlangsung tepat pada tengah malam. Menunya terdiri dari olahan ham, berbagai macam keju edam lokal (yang disebut queso de bola), dan ayam panggang.

Plus, kalau suka, bisa ditambahkan lechon—babi guling utuh. Malam akan ditutup dengan minuman cokelat panas. Yang biasanya diminum dengan kue beras yang disebut suman. Kalau di Jawa semacam lepet.

BACA JUGA:Suasana Natal Syahdu di Christmas Wonderland, Pakuwon City Mall Surabaya

BACA JUGA:Sambut Hari Raya Natal, Ascott Jakarta Bikin Pohon Natal dari Kemasan Telur Bekas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber