Rekomendasi FIlm Natal: All Saints, Kisah Penyelamatan Gereja yang Tidak Klise

Rekomendasi FIlm Natal: All Saints, Kisah Penyelamatan Gereja yang Tidak Klise

REKOMENDASI fIlm Natal: All Saints, kisah penyelamatan gereja yang tidak klise. -Sony Pictures-

Oleh:
Awik Latu Lisan
penggemar film, anggota komunitas Hobby Nonton

HARIAN DISWAY - Tidak banyak film Nasrani yang saya tonton. Karena biasanya plot film-film seperti ini terlalu tipikal. Dan terlalu dibuat-buat agar menjadi menarik. Sehingga jadi begitu mudah diprediksi.

Tapi ada tiga alasan yang membuat saya penasaran dengan All Saints, film yang tayang pada 2017 ini.

Pertama, karena suasana Natal masih terasa. Sangat pas untuk menonton film-film yang inspiratif terkait semangat Natal. Kedua, film ini berdasar kisah nyata.

BACA JUGA:Rekomendasi FIlm Natal: Love Actually, Film Bertabur Bintang yang Penuh Pesan Cinta

Ketiga, dari trailer-nya, sepertinya plot film yang dibintangi John Corbett dan Cara Buono ini bukan sejenis cerita-cerita evangelis yang tipikal. Dan ternyata dugaan saya benar.


REKOMENDASI fIlm Natal: All Saints, kisah penyelamatan gereja yang tidak klise.-Sony Pictures-Variety

All Saints adalah nama sebuah Gereja Episkopal kecil di Smyrna, Tennessee, Amerika Serikat. Sang pendeta yang naif dan berdedikasi, Michael Spurlock (diperankan John Corbett, si Aidan di serial Sex and the City), diperintahkan menutup Gereja itu. Karena kekurangan umat dan dana. Alih-alih menutup, ia berupaya menyelamatkan Gereja tersebut.

Aksi heroik Spurlock mendapatkan dukungan penuh dari sekelompok imigran dari suku Karen, yang melarikan diri dari Burma. Mereka bahu-membahu mengumpulkan dana untuk menyelamatkan gereja. Dengan cara menggalahkan pertanian di sekitar gereja dan menjual hasil panennya untuk melunasi utang.

BACA JUGA:Catat! Ini 7 Rekomendasi Drakor Pengisi Liburan Natal, Dari The Heirs sampai Reply 1988

BACA JUGA:Violent Night: Tontonan Buat Anda yang Menginginkan Malam Natal Antimainstream

Kalau dari premis, memang tidak terlalu menarik. Bahkan sangat tipikal. Kisahnya begitu inspiratif dan terlalu bagus untuk sebuah kisah nyata. Tapi saya menemukan kejujuran dalam film ini.

Film ini sangat setia pada peristiwa aslinya. Hampir semua yang ada di film ini digambarkan seperti yang terjadi dalam kehidupan nyata. Sangat mengejutkan. Terlebih ketika kita mengetahui tentang genosida orang-orang Karen. Dan menyadari bahwa kita tidak pernah mendengar soal ini dari berita-berita TV.


REKOMENDASI fIlm Natal: All Saints, kisah penyelamatan gereja yang tidak klise. Foto: John Corbett (kiri) sebagai pastor yang harus menyelamatkan gereja. -Sony Pictures-Variety

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: