Penyerahan Sertifikat Tanah di Sidoarjo, Hadi Tjahjanto: PTSL dan Redistribusi Terus Berjalan

Penyerahan Sertifikat Tanah di Sidoarjo, Hadi Tjahjanto:  PTSL dan Redistribusi Terus Berjalan

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyapa hadirin, dalam acara penyerahan sertifikat tanah di Sidoarjo, Rabu, 27 Desember 2023-Humas Menteri ATR/BPN-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Penyerahan empat ribu sertifikat tanah di Jawa Timur, dilakukan Presiden Joko Widodo dengan didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. Itu dilakukan di Gedung GOR Sidoarjo, pada Rabu siang, 27 Desember 2023.

Sebelum diserahkan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyempatkan diri menyapa ribuan peserta yang hadir dalam agenda tersebut.

Selain itu, ia juga menyampaikan dalam proses mengurus sertifikat tersebut, hanya membutuhkan biaya Rp 150 ribu. “Apakah yang saya sampaikan ini benar?” kata Hadi, di hadapan hadirin, dalam sambutannya, Rabu, 27 Desember 2023.

Menurutnya, biaya itu berdasarkan Surat Keputusan Bersama tiga Menteri, yakni, Menteri ATR/BPN, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Biaya tersebut untuk pengadaan patok dan operasional petugas.

BACA JUGA:Sukseskan PTSL 2023, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Beri Diskon BPHTB 50 Persen

BACA JUGA:Problem Sengketa Batas Tanah Petani Tuban, Lasiran Tuntas Berkat Program PTSL

Ia pun berpesan, jika masyarakat mengalami kesulitan dan persoalan dalam melakukan proses pengurusan sertifikat tanah, bisa melapor ke Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) setempat. 

Sementara, ia juga menjamin untuk proses sertifikasi yang masuk program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) maupun redistribusi tanah yang masih dalam proses, meminta warga untuk bersabar.

“Yang sudah mengurus, namun belum keluar, sebentar lagi akan diserahkan,” ujar Hadi. Sebab, program PTSL dan redistribusi tanah akan terus dilanjutkan, hingga permasalahan selesai.

“Termasuk tanah-tanah wakaf. Memang ngurus warga dulu. Dan Jawa Timur memang luar biasa. Rumah belum dapat sertifikat, sudah urus tanah wakaf. Jawa Timur luar biasa untuk tanah wakaf cepat sekali,” imbuh Hadi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: