Mayoritas Pemilih Jokowi-Ma'ruf Dukung Ganjar-Mahfud, Menurut Survei FAPTI

Mayoritas Pemilih Jokowi-Ma'ruf Dukung Ganjar-Mahfud, Menurut Survei FAPTI

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan bergandengan tangan di debat Capres 2024 perdana, Selasa, 12 Desember 2023.-KPU RI-

JAKARTA, HARIAN DISWAYForum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI) bekerja sama dengan Alvara Research Center mengungkapkan bahwa mayoritas pemilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lebih cenderung mendukung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Survei itu melibatkan 1.262 responden secara nasional dan 4.000 responden di Jawa, dengan hasil yang diterima pada awal Desember 2023.

Hasilnya menunjukkan bahwa pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin cenderung memilih pasangan Ganjar-Mahfud, sedangkan pemilih Prabowo-Sandi tetap setia memilih Prabowo, yang kali ini berpasangan dengan Gibran untuk Pilpres 2024.

Menurut Andre Rahadian, salah satu Ketua FAPTI, survei ini melibatkan mayoritas generasi Z dan milenial sebesar 74.9%, dengan 56,2% berasal dari warga perkotaan.

Hasil survei juga memperlihatkan bahwa dari tiga pasangan Capres-Cawapres, kebanyakan responden memilih pasangan Prabowo-Gibran (46%), diikuti oleh Ganjar-Mahfud (26,4%), dan Anies-Muhaimin (21,3%). Margin of error dalam survei ini sebesar 2,8%.

BACA JUGA:Survei CSIS, Prabowo-Gibran 43,7 Persen, Tren Anies-Muhaimin Naik, Ganjar-Mahfud Turun

BACA JUGA:Dampingi Presiden Jokowi, Prabowo Hadiri Perayaan Natal Nasional Tahun 2023 di Surabaya

Sekretaris Jenderal FAPTI, Eko Nugroho, menyoroti bahwa partai politik dengan awareness tertinggi adalah Golkar (92,9%), diikuti oleh PDI Perjuangan (92,6%) dan Gerindra (89,9%).

Suara PDI Perjuangan lebih dominan di wilayah Jawa dan Maluku-Papua, sementara Gerindra mendominasi Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan.

Survei juga mencatat bahwa fokus pemerintahan baru, menurut mayoritas responden (48,3%), seharusnya difokuskan pada isu perekonomian, termasuk keterbukaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan, dan stabilisasi harga untuk rakyat.

Eko Nugroho menambahkan bahwa dalam survei ini, dilakukan penebalan responden khusus di Jawa dengan tambahan 4.000 orang responden.

Hasilnya menunjukkan bahwa di Jawa Tengah, responden cenderung memilih pasangan Ganjar-Mahfud (47%), diikuti oleh Prabowo-Gibran (32,8%). Sementara di Jawa Timur, pasangan Prabowo-Gibran memimpin (45,8%), dan Ganjar-Mahfud mendapatkan dukungan sebesar 30,9%.

Di DKI Jakarta, mayoritas responden memilih pasangan Anies-Muhaimin (34,1%), diikuti oleh Ganjar-Mahfud (31,4%).

BACA JUGA:Ini Komentar Ganjar Pranowo Soal SGIE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: