Pertemuan Kabinet Perang Israel Batal: Mau Bahas Pemerintahan Sipil Gaza Pascaperang

Pertemuan Kabinet Perang Israel Batal: Mau Bahas Pemerintahan Sipil Gaza Pascaperang

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich dalam rapat kabinet pada 18 Juni 2023. Benjamin Netanyahu membatalkan pertemuan kabinet perang pada Kamis, 28 Desember 2023 sebagai akibat tekanan dari Bezalel Smotrich-Amit Shabi-Pool

Pembahasan pemerintahan sipil pascaperang Hamas-Israel ini muncul ketika kepala Mossad, Shin Bet, dan Israel Defense Forces meminta untuk membahas permasalahan tersebut.

Di sisi lain, Amerika Serikat berupaya keras mendukung Otoritas Palestina untuk menjalankan pemerintahan sipil Palestina dengan menyatukan kembali Tepi Barat dan Gaza di bawah satu entitas politik. 

BACA JUGA:Perusahaan Intel Dapat Hibah 51,1 Triliun Rupiah Dari Israel, Benjamin Netanyahu: Ini Investasi Terbesar di Israel

Amerika Serikat juga ingin membuka kembali jalan menuju solusi dua negara (two state solution) untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina.

Selain itu, negara sekutu Israel tersebut mengakui bahwa perlu adanya reformasi pemerintahan Otoritas Palestina sebelum dapat mengambil tanggung jawab di Gaza.

BACA JUGA:Edan! Netanyahu Inginkan Seluruh Warga Palestina Digusur Ke Negara Lain

Pejabat keamanan Israel, menurut laporan dari kantor berita Channel 12 milik Israel, mengatakan bahwa diskusi rencana pascaperang Hamas-Israel ini penting. 

Dia juga mendesak pemerintahan Israel untuk segera mengatasi Perang Hamas-Israel, menambahkan bahwa rekan-rekannya di Amerika Serikat juga menuntut respons Israel terkait permasalahan tersebut.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: