Apa Itu Greenflation, Fenomena yang Ditanyakan Gibran ke Mahfud Md Saat Debat Cawapres?

Apa Itu Greenflation, Fenomena yang Ditanyakan Gibran ke Mahfud Md Saat Debat Cawapres?

APA itu greenflation, fenomena yang ditanyakan Gibran ke Mahfud Md saat debat cawapres? -iStock-


APA itu greenflation, fenomena yang ditanyakan Gibran ke Mahfud Md saat debat cawapres? Foto: litium yang jadi bahan baku baterai mobil listrik.-Jasper Juinen-Bloomberg

BACA JUGA:Penyampaian Visi-Misi, Imin dan Mahfud Kompak Kritik Food Estate

Hingga saat ini, harga litium naik 1000 persen dibandingkan Januari 2020. Dan diprediksi akan terus naik seiring makin masifnya kampanye kendaraan listrik.

Perkembangan itu menggambarkan paradoks penting dalam perjuangan melawan perubahan iklim. Semakin cepat kita berpindah ke perekonomian yang lebih ramah lingkungan, akan semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan dalam jangka pendek.

Sebenarnya, masih menurut ECB, dampak inflasi hijau terhadap harga barang-barang konsumsi jauh masih lebih kecil dibandingkan inflasi yang disebabkan oleh bahan bakar fosil.

BACA JUGA:Debat Cawapres Kedua, Mahfud Pakai Jaket Pencinta Alam

Karena itu, kita tidak bisa mengklaim bahwa peralihan ke ekonomi hijau menyebabkan kenaikan harga energi. Meskipun, memang greenflation bakal menimbulkan tekanan pada harga beberapa produk. Utamanya pada masa transisi.

Itulah pengertian greenflation alias inflasi hijau yang ditanyakan cawapres Gibran Rakabuming Raka kepada Mahfud Md dalam debat tadi malam. Apakah ini isu penting untuk ditangani? Tentu. Tapi apakah urgent? Belum tentu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: european central bank