Tajikstan Comeback 2-1 Lawan Lebanon, Asa Indonesia ke 16 Besar Makin Terbuka

Tajikstan Comeback 2-1 Lawan Lebanon, Asa Indonesia ke 16 Besar Makin Terbuka

Tajikistan memastikan satu tempat di 16 Besar Piala Asia, usai mengalahkan Lebanon 2-1-Instagram @afcasiancup-

HARIAN DISWAY - Timnas Tajikistan dengan gagahnya mengamankan satu tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Hal itu terjadi setelah mereka menundukkan Lebanon 2-1. Tim berjuluk Singa Persia itu menduduki posisi kedua di Grup A dengan koleksi 4 poin.

Pertandingan penentu perwakilan Grup A di 16 besar, antara Tajikistan dan Lebanon digelar di Jassim bin Hamad Stadium, 22 Januari 2024. Lebanon berhasil membuka keunggulan melalui Bassel Jradi, pada menit ke-48.

Tajikistan menunjukkan mental juaranya. Mereka bisa tampil luar biasa dengan meresponsnya lewat dua gol dari Parvizdzhon Umarbaev, di menit 80 dan gol kemenangan atas nama Nuriddin Khamrokulov di menit ke-90+2.

BACA JUGA:Qatar vs Tiongkok 1-0, Tuan Rumah Bukukan Poin Sempurna!

Dua gol Tajikistan itu terjadi karena Lebanon harus bermain dengan 10 orang pemain. Sebab Kassem El Zein mendapatkan kartu merah akibat pelanggaran keras pada menit ke-57.

Kemenangan itu membawa Tajikistan melaju ke babak 16 besar dengan status runner-up Grup A. Sementara itu, Lebanon terpuruk di dasar klasemen dengan koleksi 1 poin dari tiga pertandingan.


Klasemen akhir Grup A Piala Asia 2023-Google-

Qatar telah memastikan diri sebagai juara grup sejak matchday kedua. Posisi The Maroon (sebutan Qatar) kokoh di puncak klasemen Grup A, setelah mereka mengalahkan Tiongkok 1-0 pada pertandingan yang sama.

BACA JUGA:Indonesia Hadapi Laga Hidup dan Mati Piala Asia, Berharap Shin Tae-yong Ulangi Kejutan Piala Dunia 2018

Keberhasilan Tajikistan atas Lebanon memberikan angin segar bagi Indonesia di Grup D. Hal ini karena Tiongkok, tim peringkat ketiga dari Grup A.

Mereka hanya mengumpulkan 2 poin dari tiga pertandingan. Sementara itu, Garuda sudah mengoleksi 3 poin dari dua pertandingan.

Saat ini, anak asuh Shin Tae-yong berada di posisi kedua klasemen peringkat tiga terbaik dengan 3 poin. Maka kekalahan Lebanon itu membuka peluang lebih besar untuk melangkah ke knockout.


TAJIKISTAN comeback 2-1 lawan Lebanon, asa Indonesia ke 16 Besar makin terbuka. Foto: Kiper Indonesia Ernando Ari membendung serangan Vietnam pada laga Piala Asia 19 Januari 2024.-Karim Jafaar-AFP

BACA JUGA:Preview Indonesia vs Jepang: Laga Hidup dan Mati Garuda di Piala Asia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: