Waspada! Virus Zombie di Siberia Berpotensi Munculkan Pandemi Baru

Waspada! Virus Zombie di Siberia Berpotensi Munculkan Pandemi Baru

Waspada! virus Zombie di Siberia berpotensi munculkan pandemi baru. Virus zombie yang masih terpendam di lapisan es Siberia, dapat dilepaskan akibat pemanasan global.-IANS-indiatvnews.com

HARIAN DISWAY - Sebuah penelitian memperingatkan bahwa ada virus zombie yang terperangkap di Siberia dapat memicu pandemi baru. Itu setelah tahun lalu, para ilmuwan dari Rusia, Jerman dan Perancis mengidentifikasi enam virus kuno yang terperangkap di lapisan es. virus-virus yang berpotensi mendatangkan malapetaka yang tak terhitung jumlahnya di dunia.

Salah satunya adalah virus zombie kuno yang terperangkap di lapisan es Siberia. Virus itu dapat hidup lagi akibat pemanasan global dan meningkatnya aktivitas manusia. Seperti pelayaran dan pertambangan.

BACA JUGA: Waspada, Udara dan Cuaca Dingin jadi Media Persebaran Virus Berbahaya

Virus tersebut, yang telah dikenal selama bertahun-tahun sebagai Mikroba Metuselah yang mampu berkembang biak dan menyebabkan penyakit. Meskipun mereka tidak aktif di lapisan es selama puluhan ribu tahun.


Waspada! virus Zombie di Siberia berpotensi munculkan pandemi baru. Ilustrasi es di Siberia menyimpan virus-virus yang dapat dilepaskan karena pemanasan global.-pixabay.com-

Menurut para peneliti dari Universitas Aix-Marseille di selatan Perancis, karena 2023 adalah tahun terpanas yang pernah tercatat, ada kemungkinan lebih besar bahwa lapisan es akan mencair. Hal itu pada akhirnya melepaskan virus zombie.

“Saat ini, analisis ancaman pandemi fokus pada penyakit yang mungkin muncul di wilayah selatan dan kemudian menyebar ke utara,” kata ahli genetika Jean-Michel Claverie, seperti dilansir Guardian.

BACA JUGA: 3 Virus yang Berpotensi Jadi Pandemi Berikutnya Serta Persiapan yang Bisa Dilakukan

“Sebaliknya, hanya sedikit perhatian yang diberikan terhadap wabah yang mungkin muncul di ujung utara dan kemudian menyebar ke selatan. Dan saya yakin itu adalah sebuah kekeliruan. Ada virus di luar sana yang berpotensi menginfeksi manusia dan memicu wabah penyakit baru,” katanya.

Sependapat dengan hal itu, ahli virologi Marion Koopmans dari Erasmus Medical Center di Rotterdam, mengatakan, “Kita tidak tahu virus apa yang ada di lapisan es. Tapi menurut saya ada risiko nyata bahwa mungkin ada virus yang mampu memicu wabah penyakit. Katakanlah tentang bentuk polio kuno. Kita harus berasumsi bahwa hal seperti ini bisa terjadi.”


Waspada! virus Zombie di Siberia berpotensi munculkan pandemi baru. Ilustrasi bakteri yang berbahaya bagi manusia. Termasuk virus zombie yang kini terpendam di lapisan es Siberia.-pixabay.com-

Permafrost menutupi seperlima belahan bumi utara dan terdiri dari tanah yang suhunya dijaga di bawah nol untuk waktu yang lama. Beberapa lapisan tetap membeku selama ratusan ribu tahun, demikian temuan para ilmuwan.

“Hal krusial mengenai permafrost adalah suhunya yang dingin, gelap, dan kekurangan oksigen, yang sempurna untuk mengawetkan material biologis,” kata Claverie seperti dikutip Observer.

BACA JUGA: Lebih Kenal tentang Virus Nipah: Asal, Cara Penularan, Gejala, dan Cara Mencegah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com