Dampingi Prabowo Serah Terima Pesawat, Jokowi Jelaskan Keunggulan Hercules C-130J-30

Dampingi Prabowo Serah Terima Pesawat, Jokowi Jelaskan Keunggulan Hercules C-130J-30

Presiden Joko Widodo menyaksikan langsung penyerahan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, p-Sekretariat Presiden-

HARIAN DISWAY - Pesawat Super Hercules C-130J-30 TNI AU keempat, dengan tail number A1344, tiba di Tanah Air. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu, 24 Januari 2024.

Presiden Jokowi turut menyaksikan penyerahan pesawat angkut militer produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS) tersebut.

Jokowi menyatakan bahwa kapasitas dan kemampuan terbang pesawat Super Hercules sangat cocok untuk negara kepulauan seperti Indonesia.

BACA JUGA:Prabowo Serahkan 5 Pesawat NC-212i Buatan Anak Bangsa ke TNI-AU

"Saya kira sangat bagus untuk negara sebesar Indonesia, negara kepulauan yang kadang-kadang airport-nya hanya memiliki runway yang pendek," kata Jokowi.


Kemenhan menyerahkan pesawat C-130J Super Hercules ke TNI Angkatan Udara (AU), Rabu 24 Januari 2024.-Humas Setkab/Rahmat-

"Nah ini bisa didarati oleh Super Hercules ini. Dan bisa terbang, saya kira, 11 jam nonstop," lanjutnya.

Menurut Jokowi, Super Hercules memiliki peran penting dalam berbagai operasi yang dilakukan oleh TNI. Baik untuk perang maupun nonperang. Pesawat tersebut merupakan pesawat angkut yang telah dipesan beberapa tahun yang lalu.

BACA JUGA:Prabowo Akan Tingkatkan Kemampuan Angkut Pesawat TNI AU: Indonesia Sangat Luas

BACA JUGA:Prabowo Sebut Minat Negara Lain ke Produk Pesawat Produksi RI Meningkat

Pesawat tersebut mampu mengangkut 120 prajurit dan muatan seberat 20-an ton. Seperti kata Jokowi, ia mampu lepas landas dan mendarat pada landas pacu (runway) yang pendek. Serta mampu terbang hingga 11 jam nonstop.

Pesawat itu juga merupakan pesawat terbaru dan tercanggih di kelasnya. Ia menggunakan teknologi glass cockpit dan mesin Rolls Royce AR2100D3 Turboprop dengan kecepatan mencapai 410 MPH atau 356 KTAS.

Pesawat C-130J-30 Super Hercules dipilih oleh Kementerian Pertahanan karena sangat efektif untuk negara kepulauan seperti Indonesia yang memiliki wilayah sangat luas dan kebanyakan runway-nya pendek.

BACA JUGA:Prabowo Serahkan 5 Pesawat NC-212i Buatan Anak Bangsa ke TNI AU, Begini Kecanggihannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: