GP Ansor Akan Gelar Kongres XVI di Atas Kapal Laut, Berlayar dari Jakarta ke Semarang

GP Ansor Akan Gelar Kongres XVI di Atas Kapal Laut, Berlayar dari Jakarta ke Semarang

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyematkan udeng pada anggota. Organisasi sayap NU tersebut akan menggelar kongres dalam waktu dekat di atas kapal yang berlayar dari Surabaya ke Semarang-GP Ansor-

HARIAN DISWAY - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (PP GP Ansor) akan menyelenggarakan Kongres XVI GP Ansor 2024 di atas Kapal Pelni KM Kelud pada Jumat, 2 Februari 2024.

Kongres tersebut akan diikuti oleh 1.700 kader terbaik GP Ansor. Adapun tema yang diangkat adalah “GP Ansor: Peta Jalan NU Masa Depan”. Tema tersebut diangkat karena mereka ingin memperkuat posisi GP Ansor dalam kancah peradaban.

“Tema ini menggambarkan sebuah peta jalan yang mengarah pada pembangunan spiritual, sosial, dan kebangsaan, menjadikan GP Ansor sebagai garda terdepan dalam menjaga identitas keislaman dan kebangsaan Indonesia,” kata Addin Jauharuddin selaku Ketua Kongres XVI GP Ansor 2024.


Kapal Motor Kelud yang dioperasikan oleh Pelni-Buletin Camar Pelni-

BACA JUGA:Sering Hujan? Ini Analisis Cuaca BMKG Untuk Periode Februari 2024

BACA JUGA:Gibran Safari Politik ke Brebes, Janji Lanjutkan Program PKH, KIS, dan KIP

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka Kongres XVI ini di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Pembukaan berlangsung di atas Kapal Pelni KM Kelud dengan berlayar dari pelabuhan tersebut hingga menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Selain itu, pemilihan kapal laut tersebut sebagai tempat kongres adalah proses perwujudan bakti GP Ansor dalam menghidupkan warisan leluhur Nusantara yang masyhur sebagai Negeri Bahari.

“Pelaut ulung, pengarung samudera, penempuh gelombang dan badai yang tangguh merupakan sederet sapaan yang karib dengan leluhur bangsa Indonesia. Laut diartikan bukan sebagai pemisah antar pulau, tetapi laut sebagai penyatu komunitas, suku bangsa, ataupun ras yang hidup dalam satu wilayah, yaitu Nusantara,” kata Addin.

BACA JUGA:Jalur Ganda Mojokerto-Sepanjang Dilanjutkan Hingga Wonokromo, Perombakan di Sekitar Fly Over Mayangkara

BACA JUGA:Kyai Fuad Noerhasan Sidogiri dan Khofifah Pose Dua Jari, Doakan Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Maka, menurutnya, pemilihan Kapal Pelni KM Kelud ini adalah langkah yang diambil oleh GP Ansor untuk melanjutkan perjuangan menjelajahi samudera dengan membawa agenda-agenda baru yang dapat memberikan penyegaran pada pemahaman keislaman. 

Tidak hanya itu, pemilihan kapal tersebut juga bertujuan untuk memperkuat rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Patut diketahui bahwa sebelum kongres diadakan, GP Ansor memiliki tradisi organisasi berupa forum Pra-Kongres yang diikuti oleh Pimpinan Cabang dan Pimpinan Wilayah GP Ansor dari seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: