Soal Pengganti Mahfud MD Sebagai Menko Polhukam, Ini Jawaban Staf Khusus Presiden

Soal Pengganti Mahfud MD Sebagai Menko Polhukam, Ini Jawaban Staf Khusus Presiden

SOAL pengganti Mahfud MD sebagai Menko Polhukam, ini jawaban staf khusus Presiden.-YouTube Mahfud MD Official-

HARIAN DISWAY - Mahfud MD memastikan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam). Hal itu disampaikannya ketika berkunjung ke Pura Ulun Danu, Lampung, pada 31 Januari 2024.

Pertanyaannya sekarang, siapa yang bakal menggantikan Mahfud MD sebagai Menko Polhukam? Apakah Jokowi akan mengangkat menteri baru? Atau menunjuk menteri ad interim?

Posisi Meko Polhukam cukup strategis. Namun, masa jabatannya juga tinggal sebentar. Kabinet Indonesia Maju bertugas hingga Presiden dan Wakil Presiden serta kabinet baru dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang. Masih sekitar 9 bulan.

BACA JUGA:Mahfud MD Mundur Tunggu Ketemu Jokowi, Singgung Soal Etika

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, pihaknya menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo soal pengganti Mahfud MD. Presiden lah yang akan memutuskan apakah pos Menko Polhukam akan diisi ad interim atau langsung ditunjuk menteri definitif.


SOAL pengganti Mahfud MD sebagai Menko Polhukam, ini jawaban staf khusus Presiden. Foto: Ari Dwipayana di kantor Setneg, 31 Januari 2024.-Istimewa-

"Kita tunggu arahan Presiden saja," ujar Ari di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu, 31 Januari 2024. Ia juga mengatakan, sebelum Mahfud MD menyerahkan surat kepada Presiden Jokowi, pengunduran diri itu dianggap belum terjadi.

"Pak Menko saja belum menyampaikan suratnya, kita sudah berpikir soal pengganti," sergah Ari.

BACA JUGA:Mahfud MD Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Saya Tidak Mau Colong Playu!

BACA JUGA:Goodbye Jokowi, Mahfud MD Mundur dari Kabinet Indonesia Maju

"Kita hormati dari apa yang menjadi langkah Pak Menko Polhukam. Beliau sangat luar biasa bisa mengikuti tata krama, yang sebenarnya sangat bagus sekali. Jadi tidak begitu saja (mengundurkan diri) dengan surat, tapi beliau ingin menyampaikan langsung kepada Presiden," paparnya.

Menurut Ari, tugas dan fungsi Menko Polhukam tetap harus berjalan seperti biasa, meski Mahfud MD telah menyiapkan surat pengunduran diri.

Sebelum pengunduran diri itu disahkan, pria asal Sampang, Madura, itu masih harus menjalankan tugas-tugasnya. Sekalipun saat ini ia disibukkan kampanye Pilpres 2024 sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

BACA JUGA:Soal Mahfud Md Mundur dari Kabinet Jokowi, Kok Baru Sekarang?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber