Susul UII dan UGM, UNAIR Bakal Bacakan Pernyataan Sikap Penegakan Demokrasi dan Republik

Susul UII dan UGM, UNAIR Bakal Bacakan Pernyataan Sikap Penegakan Demokrasi dan Republik

Gedung Rektorat Universitas Airlangga. Sivitas akademik Universitas Airlangga (UNAIR) akan memberikan pernyataan sikap atau deklarasi kebangsaan dengan tajuk Menegakkan Demokrasi, Menjaga Republik pada Senin, 5 Februari 2024 pukul 10.30 WIB. -BPP UNAIR-

Sebelumnya, Rektor Universitas Airlangga Prof. Mohammad Nasih sudah mengetahui akan adanya rencana pernyataan sikap tersebut.

"Ada pernyataan sikap, mungkin, tapi kita sedang rancang, kira-kira terbaik seperti apa," ujar Prof Nasih pada Jumat, 2 Februari 2024.

BACA JUGA:Budisatrio Djiwandono: Kesejahteraan Petani dan Nelayan Tanggung Jawab Pemerintah

BACA JUGA:Warisi Gaya Jokowi, Gibran Blusukan ke Pasar Kemiri Muka Depok

Menurutnya, pernyataan sikap atas keresahan kondisi politik Indonesia dinilai sah-sah saja. Itu merupakan bagian dari negara demokrasi. Misalnya, pernyataan sikap yang dilakukan oleh UGM yang menurut Prof Nasih bukan menjadi permasalahan.

"Memang ada orang-orang UGM, civitas UGM yang melakukan itu, tentu kita gak bisa melarang. Kalau ada orang Unair yang melakukan itu juga kita gak bisa melarang untuk melakukan itu, dan itu oke-oke saja," jelasnya.

"Kalau dilakukan oleh civitas akademika ya itu hak mereka untuk melakukan pendapat, tapi pasti bukan oleh rektorat," lanjutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: