Sri Mulyani Ungkap Sumber Dana Bansos Pemerintah: Orang Miskin Harus Tahu Ini

Sri Mulyani Ungkap Sumber Dana Bansos Pemerintah: Orang Miskin Harus Tahu Ini

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia mengungkapkan bahwa sumber anggaran dana bansos pemerintah berasal dari APBN dan berharap warga tak mampu harus mengetahui sumber itu, ucapnya dalam Peresmian Rumah Susun ASN di Jayapura, Papua pada Kamis, 1 Februari 2024-JIBI/Bisnis/Abdurachman-

HARIAN DISWAY - Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap warga penerima manfaat mengetahui sumber dana bantuan sosial (bansos) yang dibagikan pemerintah menjelang Pemilu 2024.

Sri Mulyani atau Ani mengatakan bahwa sumber dana bansos pemerintah ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sumber dana tersebut harus diketahui masyarakat agar mereka dapat mengawasi penggunaan uang negara itu.

"Masyarakat juga akan ikut tentu dalam mengawasi, ikut memiliki, karena mereka yang mampu (orang kaya) membayar pajak dan tentu mereka ingin tahu uang pajaknya untuk apa,” jelas Ani dalam Peresmian Rumah Susun ASN di Jayapura, Papua pada Kamis, 1 Februari 2024.

“Sedangkan yang tidak mampu (orang miskin) mendapat bantuan dari pemerintah dan mereka harus tahu uangnya dari mana," lanjutnya.

BACA JUGA:Jelang Libur Panjang, Dirjen Hubud Inspeksi Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta

BACA JUGA:Frosinone vs Milan 2-3, Rossoneri Pede Kejar Inter dan Juventus

Alasan bendahara negara itu berharap warga tak mampu harus tahu sumber dana bansos pemerintah karena ini adalah bagian dari transparansi dan akuntabilitas pengelolaan uang negara.

"Ini untuk menciptakan iklim akuntabilitas dan rasa memiliki terhadap negara ini dari seluruh rakyat Indonesia. Negara ini dibangun dengan perjuangan serta gotong royong dan kita terus juga harus memupuk rasa gotong royong ini dengan salah satunya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas," jelasnya.

Terkait anggaran pendapatan negara, Ani menjelaskan bahwa pemerintah memperoleh pendapatan tersebut dari hasil pajak, bea dan cukai, hingga penerimaan negara bukan pajak (PNPB).

BACA JUGA:Pengamat Politik UTM: Respons Ganjar tentang Perempuan Wonosari yang Melawan Intimidasi Bisa Kuatkan Dukungan Pilpres

BACA JUGA:Piala Asia 2023: Iran vs Jepang 2-1, Penalti di Tambahan Waktu Singkirkan Samurai Biru

"Belanjanya bisa melalui belanja kementerian/lembaga, maupun transfer keuangan dan dana desa, bahkan juga dari sisi below the line atau investasi. Itu semua menggambarkan bagaimana kehadiran negara, karena masyarakat kita mungkin sering merasakan negara hadir itu menjadi dianggapnya hanya retorika," jelasnya.

Ani menegaskan bahwa pemerintah selalu hadir untuk membantu masyarakat terutama orang-orang yang tak mampu. Sumber bantuan negara ini adalah uang negara yang dapat disalurkan dalam berbagai program termasuk bansos.


Jokowi bagikan bansos beras di Bantul bersama Sri Sultan Hamengkubuwono X--BPMI Setpres/Kris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: