8 Tradisi Imlek di Indonesia, Dari Angpau Sampai Membalik Ikan

8 Tradisi Imlek di Indonesia, Dari Angpau Sampai Membalik Ikan

HARIAN DISWAY - Tahun Baru Imlek telah menjadi bagian penting dari budaya Nusantara secara turun-temurun. Meskipun bervariasi antardaerah dan antarnegara, setiap perayaan Imlek memiliki makna tersendiri.

Imlek sebagai simbol pengharapan. Agar tahun yang baru membawa keberuntungan dan kemakmuran. Di Indonesia, tradisi itu meliputi perjamuan keluarga, dan berbagi angpao. Dimeriahkan pula oleh beragam atraksi luar ruangan. Seperti petasan, kembang api, dan barongsai.

Perayaan Imlek adalah saat bagi keluarga untuk berkumpul dan memohon kebahagiaan sepanjang tahun. Selain itu, ini juga merupakan momen untuk mengucapkan selamat tahun baru Imlek dan menguatkan ikatan kekeluargaan.

BACA JUGA:Tradisi Imlek Bersemi di Kampung Tambak Bayan

Berikut ini adalah 8 tradisi perayaan Imlek yang masih melekat pada masyarakat Tionghoa di Indonesia.

1. Membersihkan Rumah


8 TRADISI unik Imlek di Indonesia, tidak boleh membalik ikan. Foto: membersihkan rumah sebelum Imlek juga jadi kebiasaan.-Shutterstocks-De Hygieneque

Dalam menyambut tahun baru Imlek, tradisi membersihkan rumah menjadi kegiatan yang tak terlupakan bagi masyarakat Tionghoa. Ini bukanlah sekadar rutinitas, tetapi sebuah kepercayaan yang kental. Selama perayaan Tahun Baru Imlek, membersihkan rumah justru dianggap sebagai tindakan yang harus dihindari.

Mengapa demikian? Konon, membersihkan rumah pada saat Imlek diyakini akan mengusir segala keberuntungan yang telah mengendap di dalamnya. Oleh karena itu, menjaga agar rumah tetap bersih sebelum memasuki perayaan Imlek menjadi suatu hal yang penting.

BACA JUGA:Intip Serunya Bazar Imlek Kuliner dan Games di Sekolah Ciputra

BACA JUGA:Sebelum Imlek Ada Perayaan Tahun Baru Kecil, Ini Penjelasan dan Tradisi-tradisinya

2. Mendekorasi Rumah


8 Tradisi unik perayaan Imlek di Indonesia, mendekor rumah.--ilustrasi

Tradisi berikutnya yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa adalah mendekorasi rumah mereka dengan beragam pernik-pernik yang khas untuk menyambut Imlek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber