8 Tradisi Imlek di Indonesia, Dari Angpau Sampai Membalik Ikan

8 Tradisi Imlek di Indonesia, Dari Angpau Sampai Membalik Ikan

Dekorasi ini seringkali dikaitkan dengan warna merah yang menjadi warna ikonik dari perayaan Imlek. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang memadukan warna-warna lain yang memiliki makna keberuntungan.

Biasanya pernak-pernik berwarna merah dipadukan dengan warna-warna seperti emas, kuning, atau bahkan hijau. Hal ini menggambarkan semangat keberuntungan dan kemakmuran yang diharapkan dalam menyambut tahun baru Imlek.

Dengan memadukan berbagai warna tersebut, masyarakat Tionghoa ingin menyampaikan pesan bahwa keberuntungan akan datang dalam beragam bentuk dan warna.

BACA JUGA:Imlek Berkaitan Erat dengan Awal Musim Semi, Ini Kebiasaan-Kebiasaan yang Dilakukan di Tiongkok

3. Sembahyang untuk Leluhur


8 Tradisi unik perayaan Imlek di Indonesia, sembahyang untuk leluhur.--

Salah satu tradisi yang dijaga dengan khusyuk dalam perayaan Imlek di Indonesia adalah sembahyang untuk leluhur yang telah berpulang. Biasanya, ritual ini dilakukan di rumah sehari sebelum Imlek tiba.

Dengan mempersiapkan dupa yang harum, lilin yang memberi cahaya, dan menyajikan berbagai hidangan sebagai persembahan, keluarga merayakan momen ini dengan penuh penghormatan.

Sembahyang untuk leluhur merupakan ungkapan rasa terima kasih dan penghormatan atas warisan budaya dan tradisi yang ditinggalkan oleh para leluhur. Ritual ini juga menjadi wujud rasa syukur atas berkah dan perlindungan yang diberikan oleh leluhur kepada keturunan mereka.

Dengan sembahyang, masyarakat Tionghoa Indonesia memupuk rasa kebersamaan dan memperkokoh ikatan dengan leluhur, sekaligus menegaskan identitas dan nilai-nilai kekeluargaan yang diwariskan dari generasi ke generasi.

BACA JUGA:2 Warna Ini Tak Boleh Dipakai Saat Imlek, Simak Alasannya

4. Pertunjukan Barongsai


8 Tradisi unik perayaan Imlek di Indonesia, pertunjukan barongsai-HARIAN DISWAY/Julian Romadhon-

Salah satu momen yang sangat dinantikan dalam perayaan Imlek di Indonesia adalah melihat pertunjukan barongsai. Atraksi ini tak hanya menjadi favorit masyarakat Tionghoa, tetapi juga menjadi daya tarik yang selalu menyita perhatian masyarakat luas.

Dalam pandangan kepercayaan Tionghoa, barongsai bukan sekadar hiburan semata, melainkan juga simbol kebahagiaan dan kemakmuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber