8 Tradisi Imlek di Indonesia, Dari Angpau Sampai Membalik Ikan

8 Tradisi Imlek di Indonesia, Dari Angpau Sampai Membalik Ikan

Dipercaya sebagai lambang keberuntungan, pertunjukan barongsai diyakini memiliki kekuatan untuk mengusir roh-roh jahat serta membawa keberuntungan bagi komunitas yang menyaksikannya. Tarian ini menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi Imlek yang kaya akan makna dan nilai-nilai budaya.

Dengan riuh musik dan gerakan yang lincah, pertunjukan barongsai tidak hanya menyemarakkan suasana perayaan Imlek, tetapi juga memberikan harapan akan keberhasilan dan kemakmuran di tahun yang baru.

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Ini 6 Event Spesial Sambut Imlek di Surabaya

BACA JUGA:5 Makanan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan saat Imlek, Ada Pangsit!

5. Berbagi Angpao


8 Tradisi unik perayaan Imlek di Indonesia, berbagi angpao.--ilustrasi

Salah satu tradisi yang tak terpisahkan dari perayaan Imlek di Indonesia adalah tradisi berbagi angpao. Bagi masyarakat Tionghoa, Imlek tidaklah lengkap tanpa adanya momen berbagi angpao.

Angpao sendiri merupakan amplop yang berisi sejumlah uang yang diberikan kepada anggota keluarga, terutama kepada anak-anak dan sanak saudara yang masih belum menikah.

Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk kebaikan hati dan juga harapan untuk membawa keberuntungan dan kesuksesan bagi penerima angpao di tahun yang baru. Namun, ada aturan yang perlu diperhatikan dalam memberikan angpao.

Bagi mereka yang belum menikah, dianjurkan untuk tidak memberikan angpao. Katanya, agar tidak sulit bertemu jodoh. Memberikan angpao menjadi simbol dari kedermawanan dan juga penjagaan akan tradisi yang kaya makna ini.

BACA JUGA:Kue Keranjang Identik dengan Imlek, Ini Kisah dan Sejarahnya

6. Membaca Ramalan Shio


8 Tradisi unik perayaan Imlek di Indonesia, membaca ramalan shio.--ilustrasi

Dalam tradisi Imlek di Indonesia, membaca ramalan shio menjadi salah satu praktik yang tak kalah pentingnya. Shio merupakan bagian tak terpisahkan dari kepercayaan masyarakat Tionghoa setiap tahunnya.

Dengan memperhatikan ramalan shio, diharapkan kita bisa lebih siap menghadapi perubahan dan peluang yang ada di tahun baru. Semoga nasib baik menghampiri kita semua di tahun baru Imlek 2575 Kongzili.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber