Imlek Berkaitan Erat dengan Awal Musim Semi, Ini Kebiasaan-Kebiasaan yang Dilakukan di Tiongkok

Imlek Berkaitan Erat dengan Awal Musim Semi, Ini Kebiasaan-Kebiasaan yang Dilakukan di Tiongkok

Begini tradisi Tiongkok tentang awal musim semi. Lady and Plum Blossoms, lukisan karya Hua Yan dari Dinasti Qing (1644-1911). Bunga plum adalah bunga yang sangat dikagumi di Tiongkok. Terlebih saat musim semi.-cguardian.com-chinadaily.com.cn

HARIAN DISWAY - Kalender matahari tradisional Tiongkok membagi tahun menjadi 24 istilah matahari. Awal musim semi (立春) merupakan istilah matahari pertama dalam setahun.

Tahun ini, periode tersebut dimulai pada 4 Februari, dan berakhir pada 18 Februari 2024. Tirai musim semi tersibak. Setelah musim salju yang dingin, bulan pertama Imlek, awal musim semi, semuanya berubah menjadi hijau dan penuh semangat.

Masyarakat Tiongkok dengan jelas melihat bahwa siang hari semakin panjang dan cuaca semakin hangat. Berikut sembilan hal tentang tradisi Tiongkok tentang Awal Musim Semi.

BACA JUGA:Tak hanya Jawa, Tiongkok punya Wayang Kulit sebagai Warisan Budaya

Dimulainya Festival Musim Semi

Sebagai istilah matahari, Awal Musim Semi sudah eksis dalam kehidupan masyarakat Tiongkok sejak periode Musim Semi dan Musim Gugur (770-476 SM). Saat itu, ada 8 istilah matahari. Menurut beberapa ahli, 24 istilah matahari tertulis pertama kali dalam buku pada masa Dinasti Han Barat (206 SM-24 M).

Saat itu periode Awal Musim Semi ditetapkan sebagai Festival Musim Semi. Pada tahun 1913, hari pertama bulan pertama tahun lunar ditetapkan sebagai Festival Musim Semi.

Menerbangkan Layang-layang


Begini tradisi Tiongkok tentang awal musim semi. Flying Kite, karya pelukis Wen Yongchen. Kebiasaan bermain layang-layang akan marak saat musim semi tiba.-artron.net-chinadaily.com.cn

Musim semi adalah musim terbaik untuk menerbangkan layang-layang. Itu merupakan kegiatan rakyat tradisional yang memiliki sejarah lebih dari 2 ribu tahun. Bermain layang-layang dapat membantu meningkatkan kesehatan seseorang dan mencegah penyakit. 

Bermain layang-layang pun juga memiliki efek meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat metabolisme. Bagi masyarakat Tiongkok, menghirup udara segar di luar bisa menghilangkan bau busuk yang menumpuk di musim dingin.

BACA JUGA:Unik, Begini 8 Tradisi Tiongkok menyambut Musim Dingin

Mendirikan Telur


Begini tradisi Tiongkok tentang awal musim semi. Shrimp and Eggs, karya Zhang Dazhuang. Dalam tradisi Tiongkok, awal musim semi kerap digunakan bermain mendirikan telur.-artron.net-chinadaily.com.cn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber