Apa Itu Sirekap KPU Pemilu 2024? Ini Penjelasan dan Cara Kerjanya

Apa Itu Sirekap KPU Pemilu 2024? Ini Penjelasan dan Cara Kerjanya

Ilustrasi. KPU salahkan teknologi Sirekap yang tak mampu membaca karakter--curupekspress.disway

Melalui aplikasi ini, para penyelenggara pemilu dapat dengan mudah menggunakan serta memantau berbagai tahapan dalam proses penghitungan suara dan rekapitulasi hasil perolehan suara.

BACA JUGA:Data Sementara Sirekap KPU: Prabowo-Gibran Unggul

Untuk memantau hasil real count Pemilu 2024, tersedia dua platform utama yaitu website Sirekap dan aplikasi Sirekap Mobile.

Dengan kedua platform ini, para petugas pemilu memiliki kemampuan untuk menginput data suara sekaligus memonitor perkembangan hasil real count secara langsung.

Informasi lebih lanjut mengenai fungsionalitas dan penggunaan Sirekap dalam Pemilu 2024 dapat ditemukan dalam buku panduan resmi berjudul "Peta Jalan Sirekap Pemilu 2024".

Sirekap Mobile

Sirekap Mobile merupakan sebuah sistem informasi rekapitulasi yang diunduh langsung ke dalam perangkat ponsel pintar.

Aplikasi ini dirancang untuk digunakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Anggota KPPS yang ditugaskan untuk mengoperasikan Sirekap Mobile dibagi menjadi dua kategori, yaitu pengguna utama dan cadangan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota terkait.

Pengguna utama menggunakan akun utama Sirekap Mobile yang telah terdaftar ke dalam server.

BACA JUGA:Jadwal dan Link Real Count Pemilu 2024 Resmi dari KPU

Setelah proses pendaftaran pengguna utama ke dalam server, maka dilakukan juga pendaftaran akun untuk pengguna cadangan.

Fungsi dari pengguna cadangan ini adalah untuk mengambil alih tugas dari pengguna utama jika terjadi situasi di mana Sirekap Mobile tidak dapat digunakan karena rusak atau hilang.

Melalui aplikasi Sirekap Mobile ini, petugas KPPS dapat mengumpulkan data perolehan suara yang dicatat dalam Formulir C Hasil Kertas Kerja (KWK) sebagai sumber utama informasi penghitungan suara.

Sirekap Web

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: