Apa Itu Sirekap KPU Pemilu 2024? Ini Penjelasan dan Cara Kerjanya

Apa Itu Sirekap KPU Pemilu 2024? Ini Penjelasan dan Cara Kerjanya

Ilustrasi. KPU salahkan teknologi Sirekap yang tak mampu membaca karakter--curupekspress.disway

Sistem rekapitulasi yang dikenal dengan nama Sirekap juga tersedia dalam bentuk situs web yang bertujuan untuk memantau serta melaksanakan proses rekapitulasi dan penetapan hasil pemilihan serentak.

Pengguna dari platform Sirekap web ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu pengguna yang merupakan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, serta provinsi.

Berbeda dengan fungsionalitas aplikasinya, Sirekap Mobile, yang bertujuan untuk mengumpulkan dan merangkum keseluruhan data perolehan suara dari sumber utama, Sirekap Web dirancang untuk memberikan kemampuan kepada PPK dan KPU untuk memantau, memperbaiki, dan melakukan verifikasi terhadap perhitungan suara yang telah dilakukan.

BACA JUGA:Catat! Ini Tugas dan Wewenang Petugas KPPS Saat Pemilu 2024

Fungsi Sirekap

Secara garis besar, Sirekap KPU berperan sebagai alat untuk merangkum hasil pemungutan suara dalam Pemilu 2024. Namun, ketika diuraikan lebih detail, terdapat lima fungsi utama yang dimiliki oleh Sirekap, yakni:

1. Merekam dan mengolah data dari Formulir C hasil penghitungan suara di TPS.

2. Melakukan penghitungan serta tabulasi data perolehan suara pada setiap tahap rekapitulasi.

3. Mengirimkan data hasil perolehan suara secara berjenjang sesuai dengan tahapan rekapitulasi suara, mulai dari KPPS ke PPK, lalu dari PPK ke tingkat Kabupaten/Kota, hingga akhirnya ke tingkat Provinsi.

4. Menyediakan alat bantu untuk mencetak formulir serta sertifikat hasil perolehan suara pada setiap tahapan rekapitulasi.

5. Mempublikasikan informasi mengenai setiap perolehan suara hasil Pemilihan pada setiap tingkat rekapitulasi yang dilakukan secara berjenjang.

BACA JUGA:Pelantikan KPPS 2024 Serentak, Ini Isi Teks Sumpah KPPS

Cara Kerja Sirekap

Cara kerja Sirekap Mobile dan Sirekap Website memiliki perbedaan yang mencolok sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Berikut adalah mekanisme kerja dari kedua platform tersebut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: