Cara Sederhana Mengenali Jenis Kulit Wajah Anda, Cukup Lima Langkah Kok!

Cara Sederhana Mengenali Jenis Kulit Wajah Anda, Cukup Lima Langkah Kok!

Sebelum memastikan Anda tahu, sangat perlu berhati-hati memilih produk perawatan kulit wajah. Sebab jika sembarangan memilih, hal itu dapat mempengaruhi kondisi kulit. -iStock-

HARIAN DISWAY - Ingin memiliki kulit wajah sehat dan bersih? Salah satu caranya ya dengan mengenali jenis kulit wajah Anda sendiri. Hal itu penting sebelum menentukan produk perawatan kulit wajah yang Anda pakai.

Perlu diketahui bahwa setiap orang tentu memiliki jenis atau tipe kulit yang berbeda-beda. Hal ini dapat terjadi akibat faktor lain seperti faktor genetik, penyakit tertentu, dan faktor lingkungan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, debu, dan perubahan cuaca. 

BACA JUGA: 5 Langkah Basic Skin Care Simpel untuk Wajah Glowing dan Awet Muda

Sayang banyak orang masih yang belum mengenali jenis kulitnya. Sebelum memastikan tahu apa jenis kulit Anda, sangat perlu berhati-hati memilih produk perawatan kulit wajah. Sebab jika sembarangan memilih, hal itu dapat mempengaruhi kondisi kulit. 

Nah, berikut cara sederhana mengenali jenis kulit wajah. Cukup lima langkah kok.

1. Cuci muka dengan sabun wajah/ face wash. Langkah pertama yaitu dengan mencuci muka dengan sabun muka yang lembut. Lalu keringkan wajah dengan tisu atau handuk bersih. diamkan selama 30 menit tanpa menggunakan produk pelembab lainnya.

2. Siapkan tisu atau kertas minyak. Siapkan potongan tisu sesuai ukuran wajah anda atau kertas minyak untuk mendeteksi kulit wajah Anda.

3. Aplikasikan tisu atau kertas minyak pada wajah. Aplikasikan potongan tisu atau kertas minyak pada wajah, tungguh selama 5 detik. Jika tisu jatuh setalah 5 detik berarti kondisi kulit Anda normal.

Jika tisu masih melekat pada wajah setelah 5 detik berarti kondisi kulit wajah anda berminyak. Kemudian jika tisu jatuh setelah kurang dari 5 detik maka kondisi kulit wajah Anda kering. Dan jika tisu hanya melekat pada area T-zone berarti Anda memiliki kulit wajah kombinasi.

BACA JUGA: Tidak Cukup Cuci Muka, Ini Pentingnya Double Cleansing Agar Kulit Lebih Bersih Bebas Jerawat

Dengan mengikuti cara tersebut Anda dapat dengan mudah dalam mengetahui jenis kulit wajah Anda, bukan. Lakukan cara tersebut di saat Anda belum mengenali jenis kulit wajah Anda atau di saat Anda mengalami perubahan pada kulit wajah.

Namun, jika ingin mengetahui jenis kulit wajah dengan tepat beserta saran perawatannya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit terdekat. Selamat mencoba! (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: