Kim Jiwoong ZB1 Tak Terbukti Mengumpat

Kim Jiwoong ZB1 Tak Terbukti Mengumpat

Kontroversi idol K-Pop Kim Jiwoong ZEROBASEONE (ZB1) menemui akhir. Awal Februari 2024, main vocal ZB1 itu sempat terseret kontroversi berupa tuduhan telah mengumpat ketika melakukan video panggilan (fancall) dengan penggemar. -Soompi-

HARIAN DISWAY - Kontroversi idol K-Pop Kim Jiwoong ZEROBASEONE (ZB1) menemui akhir. Awal Februari 2024, main vocal ZB1 itu sempat terseret kontroversi berupa tuduhan telah mengumpat ketika melakukan video panggilan (fancall) dengan penggemar.

BACA JUGA: Vincent Rompies Terancam Diboikot, Imbas Dugaan Anaknya Jadi Pelaku Perundungan

Wake One Entertainment selaku agensi Jiwoong telah angkat bicara bahwa tuduhan itu tidak benar. Namun, publik masih belum puas. Lantas, Dispatch turun tangan dengan mengunggah hasil analisis suara Jiwoong dari Korea Forensic Science Service (KFSS) pada Sabtu, 17 Januari 2024.

Kasus Jiwoong bermula lewat potongan video fancall-nya yang viral di X. Dalam video tersebut, Kim Jiwoong diduga mengucapkan kata shib*l (sia*an) dalam bahasa Korea. Sontak, para penggemar terkejut. 

Sejumlah orang pun mengirimkan truk protes ke depan agensi untuk meminta Jiwoong keluar dari ZB1. Namun, hasil analisis forensik menunjukkan bahwa umpatan yang terdengar di video tidak cocok atau berbeda dengan suara Jiwoong.

Dr. Lee selaku ahli forensik memecah video fancall Jiwoong dan rekaman CCTV menjadi tiga bagian. Bagian A memuat video yang memperdengarkan suara “terima kasih”. Kemudian bagian B adalah “shib*al”. 

Lalu di bagian C, memuat suara yang mengatakan “aneh banget”. Menurut analisis KFSS, bagian A telah dikonfirmasi berasal dari Jiwoong. Hal ini merujuk pada gerak mulut Jiwoong dan rekaman CCTV. 

Lantas, untuk bagian B dan C, KFSS mengklaim, “Mustahil untuk mengonfirmasi Kim Jiwoong adalah pemilik suara tersebut.” KFSS menduga bahwa audio soal makian Kim Jiwoong di bagian B diduga masuk dari suara eksternal. Pasalnya, video yang dikirim warganet itu direkam dari perangkat yang berbeda.

Setelah laporan Dispatch dibeberkan, Wake One Entertainment kembali memberikan klarifikasi tuduhan Jiwoong. Jiwoong pun menuliskan surat permohonan maaf lewat Mnet Plus.

BACA JUGA: Anak Vincent Rompies Diduga Terlibat Kasus Perundungan di Binus, Ini Kata Polisi

Jiwoong menulis, “Aku rasa aku tidak bisa berkata aku lega karena bukan hanya aku yang harus menghadapi ini, ZEROSE juga menjalani hari-hari yang berat karena masalah ini. Seperti sebelumnya, aku akan melakukan yang terbaik untuk membuat ZEROSE tersenyum dan bahagia, terima kasih banyak dan aku mencintai kalian.” 

Kendati demikian, fans yang mengunggah video fancall yang berisi dugaan Jiwoong mengumpat itu masih tidak terima dengan segala klarifikasi yang dirilis. (Annisa Dyah Novia Arianto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: