Resmi! Jokowi Lantik Hadi Tjahjono Jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR/BPN

Resmi! Jokowi Lantik Hadi Tjahjono Jadi Menko Polhukam, AHY  Menteri ATR/BPN

Presiden Jokowi resmi melantik AHY sebagai menteri ATR/BPN di Istana Merdeka, Rabu, 21 Februari 2024-Sekretariat Presiden-

HARIAN DISWAY–Presiden Joko Widodo (Jokowi) merombak Kabinet Indonesia Maju kali ke-11 pukul 11.00 siang ini. Ada dua menteri yang dilantik.

Pertama, Hadi Tjahjono yang sebelumnya menjadi menteri ATR/BPN kini menjadi Menko Polhukam. Ia menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri.

Kedua, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi dilantik sebagai menteri ATR/BPN.

Pelantikan digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian disambut pembacaan Keputusan Presiden. 


Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Menteri ATR dan Menko Polhukam-Foto/Tangkapan Layar/Sekretariat Presiden-

Jokowi mengambil sumpah dan janji jabatan menteri dan diikuti Hadi Tjahjanto dan AHY.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Jokowi mendikte sumpah jabatan.

BACA JUGA:SBY Tak Hadiri Pelantikan AHY Jadi Menteri ATR di Kabinet Jokowi

BACA JUGA:AHY Dilantik Jadi Menteri ATR, Ini Riwayat Pendidikan dan Karier Militernya

Setelah itu, prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. Bergiliran Hadi Tjahjono dan AHY di hadapan Jokowi.

Keduanya akan bertugas di Kabinet Indonesia Maju pada sisa masa jabatan Jokowi hingga Oktober nanti. Hanya terhitung delapan bulan. 

Sebelumnya, posisi menteri polhukam diisi oleh Mahfud MD. Namun, cawapres nomor urut 3 itu mengundurkan diri jelang hari pencoblosan Pemilu 2024.

Jokowi pun melantik Mendagri Tito Karnavian sebagai Penjabat (Pj) Menko Polhukam.

Kini, Hadi Tjahjono yang menduduki kursi menko polhukam. Sementara jabatan menteri ATR/BPN diisi oleh AHY, putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: