Sekjen Kemendagri: Bappeda adalah Tangan Kanan Kepala Daerah dalam Pembangunan

Sekjen Kemendagri: Bappeda adalah Tangan Kanan Kepala Daerah dalam Pembangunan

Peserta Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan dan Pembangunan (Rakortekrenbang) Tahun 2024 di Surabaya.-Kemendagri-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro menekankan peran strategis Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai mitra utama kepala daerah dalam merancang pembangunan.

Pernyataan ini disampaikannya dalam acara Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan dan Pembangunan (Rakortekrenbang) Tahun 2024 di Vasa Hotel Surabaya, Jawa Timur, Senin, 26 Februari 2024.

Suhajar menjelaskan bahwa Bappeda bukan sekadar lembaga perencanaan, tetapi juga menjadi "tangan kanan" kepala daerah dalam menjalankan program pembangunan.

"Bappeda adalah handling management, dia adalah tangan kanannya kepala daerah untuk merancang pembangunan. Kalau Anda salah merancang ya akan ada dosa turunan ke bawah, sampai pelaksanaannya salah, karena itu Bappeda adalah tangan kanan kepala daerah untuk meluruskan sebuah kegiatan," ujarnya.

Lebih lanjut, Suhajar menegaskan bahwa dalam rangka menuntaskan program-program prioritas, Bappeda memiliki peran sentral dalam mengoptimalkan penggunaan anggaran, terutama di tahun terakhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

BACA JUGA:Rakortekrenbang 2024 Kemendagri, Ini 6 Arahan Penting untuk Pemda

BACA JUGA:Kemendagri Imbau Pemda Koordinasi dengan Bulog Bantu Salurkan Beras SPHP

"Bappeda sebagai pihak pemegang dokumen perencanaan diharapkan mendahulukan program-program prioritas. Terutama, untuk pengoptimalan penggunaan anggaran di tahun terakhir RPJMN 2020-2024," tambahnya.

Suhajar juga menyampaikan pesan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, yang mengajak seluruh daerah untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045.


Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan dan Pembangunan (Rakortekrenbang) Tahun 2024 dipimpin Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro di Surabaya, Senin, 26 Februari 2024.-Kemendagri-

Dalam konteks perencanaan, kepala daerah diharapkan bekerja sama dengan Bappeda untuk memiliki konsep yang kuat guna mencapai tujuan tersebut.

Dalam acara yang dihadiri oleh sejumlah kepala bappeda dari berbagai daerah di Indonesia, Suhajar mendorong para peserta untuk melaksanakan tugas mereka dengan baik.

"Ini acaranya bappeda, dan harus hadir pada hari ini. Terima kasih atas kehadiran kawan-kawan dari seluruh Indonesia," tandasnya.

Tak hanya itu, Suhajar juga menyampaikan apresiasi kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atas bantuan yang diberikan kepada keluarga para petugas ad hoc pemilu yang telah wafat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: