PKB Bakal Juara di Jatim, Ini Prediksi Nama-Nama 120 Anggota DPRD Jawa Timur

PKB Bakal Juara di Jatim, Ini Prediksi Nama-Nama 120 Anggota DPRD Jawa Timur

Maulana Hasun, staf kesekretariatan Bawaslu Jatim saat rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Hotel Shangri-La, Surabaya. -FOTO: MOCH SAHIROL-HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Rekapitulasi suara Pemilu 2024 sudah sampai tingkat provinsi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menggelar rapat pleno Rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Hotel Shangri-La Surabaya. 

Kegiatan itu dibuka oleh Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi. Penghitungan suara tingkat provinsi ini diprediksi selesai pada Jumat, 8 Maret 2024. Hari pertama, Aang menyebut ada 6 kabupaten/kota yang mengikuti pleno rekapitulasi perhitungan suar, yakni Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Tulungagung, dan Kota Kediri. 

"Jawa Timur memiliki 38 kabupaten/kota. Sehingga kami mencoba untuk menyelenggarakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu tahun 2024 tingkat provinsi lebih awal," papar Aang dalam sambutannya.


Rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi di Hotel Shangri-La Surabaya. -FOTO: MOCH SAHIROL-HARIAN DISWAY-

Ia menambahkan, per 3 Maret 2024, sudah ada 24 KPU kabupaten/kota di Jawa Timur yang sudah menyerahkan formulir D hasil ke KPU Jatim. Sementara 14 kabupaten/kota lainnya belum mengumpulkan. "Kabupaten/kota sisanya saat ini masih sedang melangsungkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi tingkat kabupaten/kota," seru pimpinan KPU Jatim itu.

Hari pertama rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024, di tingkat provinsi Jawa Timur berjalan lancar. Meski diwarnai dengan adanya selisih suara antara di sirekap dengan di formulir D hasil rekapitulasi kabupaten, hingga laporan kejadian khusus yang terjadi di Kabupaten Tuban.

"Ada satu kejadian khusus. Saksi dari pasangan 03 (Ganjar-Mahfud) yang tidak mau menandatangani hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten Tuban. Sudah dicatat keberatannya di kejadian khusus dan sudah ditandatangani saksi yang bersangkutan," tandas Ketua KPU Kabupaten Tuban Fatkul Iksan .

Ada delapan KPU kabupaten/kota yang dijadwalkan mengikuti rekapitulasi hari kedua. Delaan wilayah itu adalah Kota Kediri, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Nganjuk, dan Kota Madiun.

Untuk Pemilihan umum legislatif, DPRD Jatim, PKB akan menjadi juara. Dalam real count di situs KPU, PKB meraih suara terbanyak dengan 2.551.441 suara atau 20,46 persen. Diikuti Partai Gerindra (16,6 persen), dan PDIP (16,11 persen). Bila ini sesuai dengan penghitungan manual, maka wakil PKB akan menjadi ketua DPRD Jatim.

Total ada 120 kursi di DPRD Jatim. Berikut nama-nama caleg yang diprediksi lolos ke DPRD Jatim berdasarkan daerah pemilihan:













Sumber: real count KPU diolah. Acuan resmi tetap menunggu hasil rekapitulasi suara manual oleh KPU Jatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: