Kehadiran Pj Gubernur dan Kapolda Jatim Ganggu Sidang Pleno Rekapitulasi Suara

Kehadiran Pj Gubernur dan Kapolda Jatim Ganggu Sidang Pleno Rekapitulasi Suara

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono mengajak rombongannya meninggalkan ruang sidang pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Hotel Shangri-La, Surabaya, Kamis 7 Maret 2024. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Tujuannya pasti baik. Untuk menyemangati para petugas yang melakukan rekapitulasi suara. Penjabat Gubenur Jatim Adhy Karyono dan Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto meninjau rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Hotel Shangri-La, Surabaya, Kamis, 7 Maret 2024.

Namun, kehadiran mereka justru mengganggu jalannya sidang pleno. Mereka memasuki ruangan sidang pleno sekitar pukul 11.00 WIB. Pada saat itu agenda sidang pleno sampai pada tahap pembacaan perolehan suara KPU Kabupaten Malang.

Kehadiran pj gubernur Jatim dan kapolda Jatim itu menyita perhatian. Para jurnalis foto pun berebut mengabadikan kadatangan mereka. Suasana rapat pleno pun gaduh. Tidak kondusif.

"Jangan terlalu ramai ya. Ini sidang pleno," teriak Komisioner KPU Jatim Habib M. Rohim yang memimpin sidang pleno. "Mohon maaf, ini pleno, ya!" serunya sekali lagi. 

BACA JUGA:KPU Jatim Gelar Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi, Diikuti 6 Kabupaten/Kota

BACA JUGA:Ormas M1R Gelar Aksi Damai di Depan KPU Jatim: Apresiasi Pahlawan Demokrasi

Para saksi ikut gaduh. Mereka merasa keberatan dengan suasana saat itu. Ada yang teriak meminta yang tidak berkepentingan untuk keluar. Pembaca rekapitulasi dari KPU Kabupaten Malang pun sempat kehilangan fokusnya. Bahkan beberapa kali salah membaca perolehan suara.

Merasa kehadirannya mengganggu sidang pleno, Adhy Karyono dan rombongan bergegas meninggalkan ruang sidang pleno. Pun Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto. Tak sampai dua menit mereka berada di ruangan. 


Komisioner KPU Sidoarjo membacakan hasil penghitungan suara di Sidoarjo pada sidang pleno KPU Jatim.-FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

"Alhamdulillah secara umum proses perhitungan suara berlangsung sangat kondusif. Bahkan saat ini KPU Jember dalam perjalanan dan kemudian bergabung suaranya di KPU Jatim. Mudah-mudahan hari ini bisa segera tuntas termasuk rekapitulasi dari Kota Surabaya," ungkapnya.

Kapolda Jatim Imam Sugianto memastikan proses rekapitulasi berjalan dengan aman. Terdapat 50 personel TNI/Polri yang menjaga tempat rekapitulasi. "Besok tepatnya hari Jumat, pekerjaan KPU Jatim harus segera rampung. Mari kita doakan dan dukung. Saya pastikan perjalanan penghitungan suara ini berlangsung aman," tandasnya.

Terancam Molor

Rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat provinsi Jawa Timur dijadwalkan rampung pada 8 Maret 2024. Namun, melihat perkembangan di lapangan, bisa jadi molor. Sebab, beberapa KPU kabupaten/kota di Jawa Timur masih ada yang belum menyetorkan hasil penghitungannya. Seperti yang terjadi pada KPU Surabaya, KPU Jember, dan KPU Sampang.

Ketua KPU Jawa Timur Aang Kunaifi mengatakan, hingga Kamis sore, 7 Maret 2024 sudah ada 31 kabupaten/kota yang menuntaskan rekapitulasinya di tingkat provinsi. Sementara 7 daerah yang belum membacakan perolehan suaranya adalah Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kota Surabaya, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Lumajang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: