Ziarah Makam WR Supratman saat Peringatan Hari Musik Nasional 2024, Heri Lentho Sayangkan Bau Sampah

Ziarah Makam WR Supratman saat Peringatan Hari Musik Nasional 2024, Heri Lentho Sayangkan Bau Sampah

Ziarah Makam WR Supratman, Heri Lentho Sayangkan Bau Sampah. Prosesi ziarah makam WR Supratman. Tampak Soerachman (dua dari kanan) berdiri di samping pusara makam pamannya. Ia merupakan perwakilan keluarga WR Supratman.-Julian Romadhon-

Ziarah Gelora Indonesia Raya diramaikan pula oleh penampilan drum band dari SDN Pacar Keling 1 Surabaya. Sekolah tersebut pernah meraih juara 2 kejuaraan drum band KONI pada 2023. 

Namun, ada yang mengganggu dalam proses ziarah tersebut. Yakni bau tak sedap dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada tepat di sebelah lokasi makam WR Supratman. Gangguan itu selalu muncul setiap tahun.

Para peziarah tentu mengeluhkan hal tersebut. Heri Lentho, ketua komunitas seni JatiSwara sebagai penyelenggara acara, menyayangkan posisi TPS yang berada di samping makam pahlawan nasional tersebut. "Bau sampah ini mengurangi kesakralan makam WR Supratman. Semoga Pemerintah Kota Surabaya peduli dengan masalah ini," ujarnya.


Ziarah makam WR Supratman, Heri Lentho sayangkan bau sampah. Instalasi naga milik kelompok Lanceng Senopati yang membawakan musik Daul Madura. Kelompok asal Pamekasan tersebut ikut meramaikan Hari Musik Nasional: Parade Indonesia Bermusik yang digelar pad-Julian Romadhon-

Heri dan para peziarah lain berharap agar Pemkot Surabaya mau memindahkan posisi TPS ke tempat yang jauh dari lokasi makam. Sebab, keberadaan TPS itu membuat para peziarah tak nyaman. Apalagi letaknya di samping makam pencipta lagu Indonesia Raya, yang rutin diziarahi banyak orang.

BACA JUGA:Diskusi Musik Membangun Bangsa Hadirkan Hilmar Farid sebagai Keynote Speaker

Hari Musik Nasional di Surabaya digelar selama dua hari. Yakni pada 8-9 Maret 2024. Pada hari pertama diawali dengan prosesi pembukaan oleh beberapa tokoh musisi, budayawan, dan pejabat.

"Tahun ini Hari Musik Nasional mengusung tema Parade Indonesia Bermusik. Jadi akan ada pementasan musik yang berlangsung selama 24 jam penuh. Melibatkan 30 penampil," ujar Tomy Agung Sugito, ketua panitia Hari Musik Nasional 2024.

Prosesi pembukaan pada hari pertama dihadiri oleh Indah Kurnia, anggota Komisi XI DPR RI sekaligus pembina panitia, serta Ali Ma'ruf, mewakili Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbud RI. Pada hari pertama, Indah memimpin prosesi mengheningkan cipta. Dia didampingi Tomy.


Ziarah makam WR Supratman, Heri Lentho sayangkan bau sampah. Atraksi can-macanan ikut meramaikan Hari Musik Nasional 2024. Mereka menghibur pengunjung di Taman Budaya Jawa Timur pada 8-9 Maret 2024.-Teddy Insani-

"Melalui Hari Musik Nasional ini saya harap iklim bermusik di tanah air, khususnya di Surabaya, semakin maju. Bisa dilihat dari semakin banyaknya talenta-talenta bermusik yang akan tampil selama 24 jam penuh," ujarnya dalam sambutan.

Event tersebut diramaikan oleh banyak penampil. Seperti Iroel Maulana, Pritta Kartika, Sekaring Jagad, Musik Dolanan, The Crossover, ITS Band, Caravan Jazz, Bengkel Muda Surabaya, Lanceng Senopati, Keroncong Unesa, Karawitan Santa Maria, Gamelan Baladewa, dan lain-lain.

Hari Musik Nasional ditutup dengan pementasan drama musikal Katarsis Sang Garuda, yang digelar pada 9 Maret, pukul 20.00 WIB. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: