PUPR Kerahkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Terdampak Banjir Sumbar

PUPR Kerahkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Terdampak Banjir Sumbar

Kementerian PUPR salurkan bantuan sarana air bersih di berbagai titik lokasi terdampak banjir Sumatera Barat. -Instagram @kemenpupr-Instagram @kemenpupr

HARIAN DISWAY - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan bantuan berupa sarana dan prasarana air bersih untuk warga korban banjir di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang, Sumatera Barat, pada Rabu, 13 Maret 2024.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, penyaluran air bersih dilakukan dengan menyuplai instalasi pengolahan air minum (IPA) di berbagai wilayah.

“Kementerian PUPR berupaya mendistribusikan air bersih terutama di tempat-tempat umum. Kita juga manfaatkan instalasi pengolahan air minum (IPA) terdekat maupun IPA mobile untuk menyuplai air bersih ke berbagai titik,” ujar Basuki.

BACA JUGA: Menteri PUPR Basuki Turun Tangan, Penanganan Banjir Sumbar Tuntas Dua Pekan

Berdasarkan data Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat per 13 Maret 2024, tercatat total 33 unit Hidran Umum (HU) dan 2 unit Mobil Tangki Air (MTA), dengan penambahan 1 MTA menuju Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala BPPW Sumbar Maria Duni Isa menerangkan terdapat 2 unit MTA yang telah beroperasi dengan 1 unit untuk wilayah Painan dan 1 unit lainnya untuk wilayah Barung-Barung Balantai. Sedangkan untuk persebaran 6 unit Hidran Umum (HU) dari BPPW Sumbar terbagi dalam beberapa titik wilayah.

BACA JUGA: KKP Salurkan Bantuan Permakanan Untuk Korban Banjir Sumbar Berupa Produk Olahan Perikanan


Bantuan air bersih KemenPUPR melalui BPPW Sumbar untuk warga korban banjir Sumatera Barat. -Instagram @kemenpupr-Instagram @kemenpupr

Dengan 2 unit berada di Masjid Ikhlasul Munawwarah Anakan Batang Kapas, 2 unit ada di Masjid Aqsha Bungo Pasan, dan 2 unit lainnya ada di SMAN 1 Batang Kapas.

“Sedangkan 10 Unit HU dari Pusat Depo Padang disebar ke beberapa titik yakni 1 unit di depan Pasar Barung Belantai, 2 unit di Nagari Barung Balantai Selatan, dan 2 unit di Musala Multazam Barung Balantai Selatan dan 5 unit sedang dalam tahap pemasangan,” lanjut Maria.

Sejak 8 Maret 2024, terdapat 3 unit HU dengan kapasitas 1.500 liter telah terpasang pada 3 titik wilayah di Dusun Salido. Sedangkan di Dusun Bungo terdapat 5 unit HU berkapasitas 25 ribu liter, telah terpasang di 5 titik dan terdapat 3 titik dengan kapasitas 1.500 liter di Dusun Sago.

BACA JUGA: Kepala BNPB Turun Langsung Tangani Banjir Sumbar, Total Korban Tewas 26 Orang

Pada periode 8 Maret 2024 itu, Kampung Batang Kapas Kecamatan Batang Kapas mendapat 2 unit HU kapasitas 1.000 liter pada 4 titik lokasi. Selain itu, pada 11 Maret 2024, bantuan air bersih berupa 6 HU berkapasitas 12 ribu liter telah disalurkan ke wilayah Barung-Barung Balantai, Kecamatan Koto XI Tarusan. (Isro Nur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: